JOGOROTO – Sinergi tiga pilar pendidikan yakni pemerintah, sekolah, dan keluarga (masyarakat) ketika dapat dijalankan dengan baik, maka mampu mendukung keberhasilan satuan pendidikan dalam menjalankan program-programnya. Tanpa dukungan dari salah satunya, pelaksanaan pendidikan kemungkinan tidak akan berjalan maksimal.

Keterlibatan wali peserta didik secara aktif mulai disadari membawa dampak menguntungkan bagi SDN Sukosari, Kecamatan Jogoroto. Meski selama ini pelibatan wali peserta didik sudah dilakukan dengan cukup baik, namun pengoptimalan peran mereka melalui paguyuban dan komite sekolah ternyata lebih membantu. Program sekolah dapat berjalan lebih maksimal dan memuaskan.

Dengan pelibatan wali peserta didik melalui pemberdayaan paguyuban dan komite sekolah beban pengelolaan keuangan dapat berkurang. Seluruh pengelolaan diatur oleh wali peserta didik sendiri.

“Pembersihan dan penataan lahan depan pagar sekolah yang berbatasan dengan sungai dan penghijauan taman sekolah adalah dua program yang baru saja terlaksana berkat bantuan dan dukungan wali peserta didik. Semula dengan anggaran yang dimiliki sekolah, pembersihan diperkirakan hanya bisa dilakukan di satu sisi,” jelas Kepala SDN Sukosari Jogoroto, Sugeng, S.Pd.

“Namun saat dikomunikasikan dengan wali peserta didik dan mereka ikut membantu, pembersihan dan penataan lahan bisa dilakukan di dua sisi sekaligus. Bahkan pengerjaannya melibatkan wali peserta didik untuk menjadi tukang batu,” sambungnya.

Baca Juga: SMP Negeri 1 Jombang Apresiasi Lewat Galeri Seni

Sugeng memang memprogramkan pelibatan wali peserta didik untuk lebih aktif dalam setiap program yang disusun di sekolah. Harapannya dengan melibatkan wali peserta didik, timbul rasa ikut memiliki dan melancarkan kegiatan pembelajaran peserta didik.

Penanggungjawab pembersihan dan penataan lahan pagar SDN Sukosari, Ulin Ni'mah, S.Pd menambahkan, dengan pelibatan wali peserta didik melalui pemberdayaan paguyuban dan komite sekolah beban pengelolaan keuangan dapat berkurang. Seluruh pengelolaan diatur oleh wali peserta didik sendiri.



“Saya selaku penanggung jawab berkoordinasi dengan ketua paguyuban membantu dalam administrasi pelaporannya. Untuk siklus masuk dan keluarnya uang, mereka yang mengelola,” ungkap Ulin Ni’mah.

Semula langkah pelibatan wali peserta didik secara lebih aktif dalam menyokong keberlangsungan program sekolah seperti yang dilakukan saat ini sempat ragu untuk dilaksanakan. Namun seiring dengan pemahaman dan pembinaan dari kepala sekolah, perlahan SDN Sukosari mulai menerapkannya sesuai kondisi lingkungan, ekonomi, dan sosial di sekitarnya.



Selain menjalin koordinasi dengan wali peserta didik melalui paguyuban dan komite sekolah, SDN Sukosari juga menjalin kerja sama dengan pihak perangkat desa. Hubungan kerja sama yang baik itu selain membantu dalam keberlangsungan program sekolah sekaligus membantu dalam penjaringan peserta didik baru.

Reporter/Foto: Fitrotul Aini/Istimewa

Lebih baru Lebih lama