MOJOAGUNG – Musim penghujan memberikan sebuah keberkahan. Wujudnya sangat beragam dalam mengapresiasinya. Konkretnya rasa syukur yang diciptakan oleh Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Kabupaten Jombang dengan berbagi.

Kegiatan berbagi yang dijadwalkan pada Selasa (9/2) ialah mengirimkan bantuan logistik bagi anggota Himpaudi Kabupaten Jombang yang terdampak banjir. Pemberian bantuan logistik untuk korban banjir tersebut terlaksana secara serentak di tiga kecamatan. Diantaranya Kecamatan Mojoagung, Bareng dan Bandar Kedungmulyo.

Ketua Himpaudi Kabupaten Jombang, Tita Aniqohwardani, S.Pd. menerangkan, “Kepedulian ini merupakan hasil sumbangsih dari seluruh anggota Himpaudi Kabupaten Jombang yang berasal dari kita dan untuk kita. Artinya sasaran bantuan ini difokuskan kepada lembaga Kelompok Bermain (KB) yang terkena banjir. Terdapat sembilan lembaga yang terdata di tiga kecamatan.”

Solidaritas yang guyup sangat terasa dengan hadirnya Himpaudi Kecamatan Perak yang turut andil dalam kepedulian ini. Himpaudi Kecamatan Perak secara mendiri juga memberikan bantuan logistik untuk terdampak banjir.

Berdasarkan ulasan dari Sekretaris Himpaudi Kabupaten Jombang, Elok, S.Pd. bantuan tersebut belum diberikan ke sembilan KB yang terdata. Pilihannya ialah diletakkan pada lembaga yang sudah surut dan atau lembaga yang dekat dengan lokasi banjir. Alasan tersebut mengingat kondisi terbaru seperti salah satu Kecamatan Bandar Kedungmulyo masih tergenang banjir. Sehingga pemberiannya diletakkan di tiga lembaga KB perwakilan.

“Tiga KB perwakilan pemberian bantuan logistik ini berada di KB Baitul Aziz tepatnya di Desa Pucangsimo, Kecamatan Bandar Kedungmulyo, KB Tunas Harapan Banjaragung, Kecamatan Bareng dan KB Miftakhul Jannah, Desa Karangwinongan, Kecamatan Mojoagung. Jenis bantuannya berbeda di tiga kecamatan tersebut,” ungkap Elok.

Baca Juga: SPJ Honorarium PTT Wilayah Kerja Pendidikan Se Kabupaten Jombang Tempuh Efisiensi Kinerja

Hal ini karena di Kecamatan Mojoagung dan Kecamatan Bareng sudah surut dan tinggal berberes dan pembersihan. Sedangkan untuk Kecamatan Bandar Kedungmulyo lebih banyak seperti pakaian lengkap dengan pakaian dalam, alat kebersihan, makanan ringan dan makanan pokok untuk anak usia PAUD, popok sekali pakai, mainan anak, lemari kantor, terpal, lilin.

Solidaritas yang guyup sangat terasa dengan hadirnya Himpaudi Kecamatan Perak yang turut andil dalam kepedulian ini. Himpaudi Kecamatan Perak secara mendiri juga memberikan bantuan logistik untuk terdampak banjir.



Pengurus Himpaudi Kabupaten Jombang Wilayah Perak, Noviana Andriyani mengulas, “Meski kami juga memberikan sumbangan yang dikoordinir ke Himpaudi Kabupaten Jombang, secara internal lingkup kecamatan juga memberikan langsung bantuan tersebut. Lantaran terdata guru KB yang bertugas di Kecamatan Perak tercatat beberapa berdomisili di Kecamatan Bandar Kedungmulyo.”

Tita Aniqohwardani dalam sambutannya menjelaskan bahwa bantuan ini memang diberikan usai melakukan survei. Sehingga sasarannya tepat berdasarkan analisis kebutuhan lembaga KB terdampak. “Tujuannya memang untuk lembaga dan bukan secara global. Lantaran bantuan yang layaknya di posko sudah berasal dari mereka yang berasal dari organisasi masyarakat, dan komunitas serta instansi pemerintahan,” pungkas Tita.

Reporter/Foto: Chicilia Risca Y.

Lebih baru Lebih lama