Echa Selvia Nadyasari*

Kebanyakan peserta didik lulusan SMA binggung untuk menentukan jurusan yang sesuai bakat dan minatnya. Kebanyakan peserta didik yang lulus dari SMA memilih jurusan yang tidak banyak peminatnya dan santai dalam kelas. Akan tetapi tidak semua peserta didik seperti itu, banyak juga peserta didik yang ingin masuk prodi yang mereka inginkan dan pastinya banyak juga pesaingnya.

Kebanyakan peserta didik juga sangat meremehkan dalam memilih program studinya yang pada akhirnya program studi tersebut bukan pasion mereka. Bagi mereka yang mengambil program study yang bukan pasion mereka, dari situlah mereka akan malas dan merasa kesusahan dalam menjalankan tugas-tugas yang di berikan oleh dosen. banyakan program study yang dapat di ambil di universitas baik itu negeri maupun swasta. Hanya saja peserta didik yang telah lulus dari SMA harus pintar dalam memilih jurusan yang mereka minati dan sesuai dengan kemampuan mereka.

Program studi akuntansi, manajemen yang kebanyakan di minati oleh peserta didik dan banyak juga yang benci dengan program studi tersebut. Banyak orang bilang akuntansi sangatlah sulit, banyak menghitung dan ribet, namun jika mereka mau belajar dan mendalami akuntansi dari dasar maka program studi tersebut sangatlah asik dan menantang tentunya. Peluang kerja program studi ini juga sangat lah banyak di butuhkan di berbagai perusahaan. Banyak sekali mahapeserta didik lulusan akuntansi yang sukses dalam pekerjaan.

Program studi di anggap susah karena kebanyakan mahapeserta didik dan mahasiswi tidak memiliki potensi dalam program studi yang mereka ambil, tidak menguasai materi yang di sampaikan oleh dosen, sering tidak masuk kelas dan sering memanggap remeh sebelum mereka memilih program studi yang mereka inginkan yang mereka mampu dalam bidang tersebut.

Tidak hanya program studi akuntansi yang di butuhkan oleh para perusahaan masih banyak lagi program studi yang tersedia di universitas. Hanya saja peserta didik harus bisa sungguh sungguh dalam menjalankan perkuliahannya. Memilih program studi peserta didik juga harus memperhatikan kemampuan mereka supaya dalam menjalankan perkuliahannya tidak merasa kesusahan. Kebanyakan mahapeserta didik yang merasa salah dalam memilih program studinya mereka akan mengulang dan akan ikut pendaftaran di tahun berikutnya.

Program studi di anggap susah karena kebanyakan mahapeserta didik dan mahasiswi tidak memiliki potensi dalam program studi yang mereka ambil, tidak menguasai materi yang di sampaikan oleh dosen, sering tidak masuk kelas dan sering memanggap remeh sebelum mereka memilih program studi yang mereka inginkan yang mereka mampu dalam bidang tersebut. Karena tidak mampu dengam pilihat program studi banyak mahasisa yang tidak melanjutkan kuliahnya karena stress dalam menghadapi tugas tugas dan materi yang di sampaikan oleh dosennya.

Baca Juga: TK Dharma Wanita Plandaan Belajar Mandiri Melalui Makan Bersama

Maka, sebelum masuk kuliah baiknya dipikirkan terlebih dahulu dengan matang dalam memilih program studi yang cocok dalan diri sendiri, dari segi kemampuan, minat, bakat dan penguasaan materi agar tidak terjadi kesalahan dalam memilih program study dan tidak merasa kesusahan dalam menjalankan perkuliahan. Maka jika dalam memilih program studi yang sesuai mahapeserta didik dan mahasiswi akan merasa sangat mudah dan enjoy dalam menjalankan kuliah setiap harinya.

Mahapeserta didik yang sesuai dalam memilih program studi biasanya mereka sangat enjoy aktif dalam menjalankan perkuliahannya. Bahkan mereka biasanya sering mendapatkan nilai terbaik dalam kelas. Tidak dalam kelas saja dalam organisasi yang di ikuti pun mereka juga sangat aktif dan nyaman dalam menjalankan tugasnya. Bahkan mereka biasanya sering mendapatkan nilai terbaik dalam kelas.

*) Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Akuntansi, Universitas Muhammadiyah Malang.

Lebih baru Lebih lama