JOMBANG – Guna mendongkrak kualitas pendidikan yang berkembang sesuai kebutuhan dewasa ini, pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang menggelar workshop penyusunan soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) untuk kesetaraan Paket A, B dan C berlangsung di Aula I Disdikbud Kabupaten Jombang. Kegiatan yang diagendakan selama enam hari tersebut diawali pada Senin (15 s.d 20/2) yang diikuti oleh seluruh lembaga kesetaraan Se Kabupaten Jombang. Pembahasan soal HOTS diulas dalam tujuh mata pelajaran. Menghadirkan narasumber dari Pengawas SMP, praktisi pendidikan dan beberapa pemateri dari Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) serta penilik.

Pada sambutan pembukaan workshop, Sekretaris Disdikbud Kabupaten Jombang, Jumadi, S.Pd., M.Si. menerangkan bahwa kebutuhan pendidikan semakin berkembang dengan inovasi. Upaya penyusunan soal HOTS dimampukan memfasilitasi peserta didik dengan zamannya. Artinya kebutuhan dan tantangan usai lulus menjadi penyerta yang konkret untuk dikembangkan dari materi pembelajaran yang meningkatkan pembaharuan setiap waktu.

Kehadiran Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Non Formal (PNF) Disdikbud Kabupaten Jombang, Ifbahrorudin Ahmad Gurbha, S.Pd.,M.M. juga sepakat bahwa selain inovasi yang berkembang dalam penyusunan soal HOTS, guru menjadi semakin terampil pada pengembangan soal yang dibuat bersama. Sehingga harapan jangka panjang akan dapat diterapkan di setiap lembaga serta dapat dipergunakan pada ujian kesetaraan.

Reporter/Foto: Chicilia Risca Y.

Lebih baru Lebih lama