SUMOBITO – Persaingan dalam dunia pendidikan kian gencar. Utamanya dalam mengambil minat orangtua agar mempercayakan pendidikan buah hatinya. SDN Curahmalang I Kecamatan Sumobito pun ikut bergelut dengan persaingan tersebut. Menariknya tidak hanya mengedepankan dari segi fasilitas mewah. Melainkan dari budi pekerti peserta didik yakni melalui kedisiplinan.

Seperti diketahui, kedisiplinan generasi milenial belakangan dianggap kurang. Hal itu dikarenakan kebiasaan era sekarang yang semua sudah tersedia dalam genggaman telepon seluler (baca: ponsel), mengakibatkan interaksi sosialnya rendah sehingga kedisiplinan pun terimbas.

Dalam membiasakan kedisiplinan untuk peserta didik tidak dapat dilakukan seperti dahulu. Semua sepatutnya berubah menyesuaikan dengan zamannya. Jadi, sekarang tidak hanya disuruh. Melainkan peserta didik harus diberikan teladan terlebih dulu.

Oleh karena itu, SDN Curahmalang I mulai membiasakan kedisiplinan dari gurunya. Bukan berarti hanya meminta peserta didik untuk disiplin, tetapi melalui teladan yang diperoleh dari guru. Karena dengan teladan itu, peserta didik dengan sendirinya akan mengikuti.

Baca Juga: Pelbagai Persoalan Masih Menyelimuti Pendidikan Inklusif

Diungkapkan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala SDN Curahmalang I, Slamet, S.Pd.Si, memang dalam membiasakan kedisiplinan untuk peserta didik tidak dapat dilakukan seperti dahulu. Semua sepatutnya berubah menyesuaikan dengan zamannya. Jadi, sekarang tidak hanya disuruh. Melainkan peserta didik harus diberikan teladan terlebih dulu.



“Beruntungnya dari kebiasaan yang dibangun ini semakin meningkatkan kepercayaan masyarakat sekitar. Mereka menyaksikan sendiri hasilnya dan mempercayakan pendidikan anak-anaknya di sini,” jelas Slamet.



Apalagi ditunjang dengan penempaan lainnya. Mulai dari keagamaan dan ekstrakulikuler drum band yang kian membuat masyarakat jatuh hati. Karena mereka melihat sendiri aksi peserta didik di SDN Curahmalang I, baik keaktifan peserta didik di kegiatan keagamaan di masyarakat atau saat menampilkan kebolehannya bermain drum band.

Guru Kelas I SDN Curahmalang I Susi Vita Emilia, S.Pd. mengatakan dengan adanya pondasi kedisiplinan yang kuat membuat semakin mudah mengarahkan. Dari kegiatan keagamaan dan pelatihan ekstrakulikuler drum band, membuat potensi peserta didik lebih terasah karena mampu mengikuti pembimbingnya.



Susi Vita Emilia menuturkan, “Terlebih sekarang pendidikan karakter lebih diprioritaskan sebagai bekal kelak peserta didik kembali di masyarakat. Membuat peserta didik memiliki mental yang kuat dan karakter penuh keadiluhungan. Lengkap dengan kebolehan yang mereka miliki sehingga menjadikannya berbeda dari lainnya.”

Reporter/Foto: Donny Darmawan/Istimewa

Indeks SDN Curahmalang I Sumobito

SK Pendirian : 1910-01-01

Jumlah Peserta Didik : 249

Jumlah Guru : 13 (5 Guru GTT, 2 Guru PTT dan 6 Guru PNS)

Prestasi :

1. Juara III Bola Voli Tingkat SD Peringatan HUT RI ke-71 Kecamatan Sumobito, Tahun 2016.

2. Juara II Lari Cepat Putri tingkat Kecamatan Sumobito, Peringatan HUT RI ke-72 tahun 2017.

3. Juara III Lomba Drumband Tingkat Desa Curahmalang tahun 2017.

4. Juara III Lari Cepat Putri Tingkat SD Peringatan HUT RI ke-73 Kecamatan Sumobito tahun 2018.

5. Juara II Lomba Tahfidz Tingkat SD, Memperingati HUT RI ke-73 Kecamatan Sumobito, tahun 2018.

Lebih baru Lebih lama