WONOSALAM – Kesenian tradisi jika tidak diteruskan oleh generasi muda, pastilah akan pupus dengan sendirinya. Padahal kesenian tradisi memiliki akar riwayat yang panjang di tengah-tengah masyarakat. Oleh karena itu, generasi penerus harus dikenalkan dan ditumbuhkan rasa cintanya terhadap seni tradisi.

SDN Galengdowo I Kecamatan Wonosalam pun mencoba melestarikan salah sau kesenian tradisi yakni karawitan melalui peserta didiknya sejak tahun pelajaran 2011/2012. Ternyata banyak yang berminat dan antusias. Selain itu, di sana masih jarang ditemukan sebuah sekolah khususnya SDN yang memiliki geliat karawitan.

Secara parsial semua berjalan alamiah. Peserta didik melatih beragam sendi-sendi kehidupan yang memupuk karakternya.

“Pengembangan seni karawitan di sini diawali karena sudah memiliki seperangkat gamelan lengkap. Jika dimanfaatkan dengan baik, tentunya akan menuai hasil yang gemiling juga,” ungkap Kepala SDN Galengdowong I, Juwadi, S.Pd.

Baca Juga: Peserta didik Penggerak Program Merdeka Belajar

Semakin bersemangat lantaran didukung pula dengan keikutsertaa para guru. Jadi, imbuh Juwadi, bukan hanya peserta didik yang terlibat, namun juga guru ikut berlatih karawitan. Dengan demikian, peserta didik serasa terpanggil karena tidak mau kalah dengan gurunya.



Sebelumnya orangtua wali peserta didik juga diberi tahu. Khususnya untuk mengkomunikasikan terlebih dahulu agar tak sampai ada kesalahpahaman kedepannya ketika melakoni karawitan. Setali tiga uang, mereka orangtua wali peserta didik memberikan dukungan sebesar-besarnya. Ditambah lagi ketika menyaksikan buah hatinya unjuk pentas, ada kepuasan yang terpancar dari orang tua wali peserta didik.

Upaya Pembentukan Karakter

Disamping latihan rutin yang digelar oleh SDN Galengdowo I, tanpa terasa terbesit pendidikan karakter yang tertanam kepada peserta didik. Misalkan saja kedisiplinan, para peserta didik mesti datang tepat waktu. Membereskan kembali hingga bersih seperangkat gamelan yang digunakan untuk latihan. Belum lagi kesabaran, tertempa dengan begitu matang seiring juga dengan membiasakan mendengarkan tiap ketukan pada perangkat gamelan.



Guru Kelas III SDN Galengdowo I Erna Wiwik Hidayati S.Pd.SD menjelaskan, “Secara parsial semua berjalan alamiah. Peserta didik melatih beragam sendi-sendi kehidupan yang memupuk karakternya.”



Meskipun belum pernah mengikuti perlombaan karawitan, peserta didik dan guru merasa senang. Selain merekreasikan pemikiran sejenak kepenatan rutinitas, juga mampu menjadi media pengenal yang potensial untuk SDN Galengdowo I.

Reporter/Foto: Donny Darmawan/Istimewa

Profil SDN Galengdowo I

Berdiri : 1917

Jumlah Peserta Didik : 180 Peserta Didik

Jumlah Guru : 12 Guru

Catatan Prestasi :

*) Tahun 2018, Juara I Matematika tingkat Kecamatan

*) Tahun 2019, Juara III Sains Matematika tingkat Kecamatan

*) Tahun 2021, Mewakili Kecamatan Wonosalam di KSN Ipa.

Keunggulan : Bidang Seni Karawitan

Catatan :

Tahun 2018 diraih oleh Alvina Eka Narestya

Tahun 2019 diraih oleh Zerlina Afrian

Lebih baru Lebih lama