MOJOAGUNG – Keberhasilan seorang peserta didik tak lepas dari tangan dingin dari seluruh komposisi yang ada di sekolah. Baik dari sisi internal dan eksternal sekolah, pastilah memberikan kontribusi. Asalkan cara bekerjasamanya memahami dari peran dan tugasnya masing-masing.

Hal itu pula-lah yang nampak dari SMP Negeri 2 Mojoagung. Sekolah ini banyak mengantarkan peserta didiknya berprestasi di pelbagai ajang kejuaraan. Meski tak selamanya mendominasi sebagai Juara I, namun keberhasilan ini membuktikan adanya dedikasi yang luar biasa dari seluruh bagian sekolah.

Selalu mengintensifkan evaluasi. Dengan begitu akan ada masukan dan koreksi sebagai bahan perbaikan kedepannya.

Kepala Urusan Kurikulum, SMP Negeri 2 Mojoagung, Slamet Hariyono, S.Pd mengakui bahwa selalu melakukan pembibitan guna melanjutkan laju regenerasi dari peserta didik yang sudah turut dalam kejuaraan sebelumnya. Kalau sudah ditemukan, barulah ditempa sesuai dengan keahlian peserta didik tersebut.

Baca Juga: Gulali Nursikin Manisnya Menjelajah Zaman

“Penuh syukur antara bidang akademik dan non-akademik berimbang dalam melahirkan bibit baru. Hanya saja di bidang non-akademik lebih mendominasi kejuaraan yang diraih,” ungkap Slamet Hariyono.

Sementara Kepala Urusan Kesiswaan, SMP Negeri 2 Mojoagung, Aan Setiarini, S.Pd. menjelaskan pada prinsipnya sekolah sama-sama memperhatikan potensi peserta didik di bidang akademik dan non-akademik. Berikutnya akan dikembangkan sebagaik mungkin baik melalui ekstrakulikuler ataupun tambahan jam pelajaran yang biasanya dilakukan menjelang perlombaan.



Aan Stiarini mengaku, “Walau demikian, jangan sampai peserta didik melupakan tujuan utamanya, bahwa bersekolah tak hanya mengejar prestasi. Tetapi harus menyerap mata pelajaran dan memahaminya dengan paripurna.”



Maka tidak mengherankan jika Kepala SMP Negeri 2 Mojoagung, Luluk Muyassaroh, S.Ag., M.Pd. selalu mengintensifkan evaluasi. Dengan begitu akan ada masukan dan koreksi sebagai bahan perbaikan kedepannya.



Semisal saat pembelajaran daring. Diketahui ada beberapa peserta didik yang terkendala dengan perangkat, hal itu menjadikan guru bersedia datang ke rumah dengan protokol kesehatan, lalu memberikan pembelajaran yang disampaikan tadi.



“Selain itu juga ada wali peserta didik yang menganggap sambil lalu, entah karena kesibukan sehingga kurang memperhatikan buah hatinya. Sikap kami langsung mengajak berbicara baik-baik, selanjutnya meminta mengawasi pembelajaran peserta didik selama di rumah,” terang perempuan berhijab ini.

Reporter: Donny Darmawan

Data SMP 2 Negeri Mojoagung:

a. Jumlah Peserta Didik : 650

b. Jumlah Tenaga Pendidik dan Karyawan : 57 orang

c. Berdiri tahun 1986.

d. Prestasi :

1. Juara III Banjari Tingkat Kabupaten, 2018-2019.

2. Juara III Kejuaran Karate Virtual Piala Gubernur Jatim Ke-XVI

3. Juara I Tenis Meja Tingkat Kabupaten.

Lebih baru Lebih lama