PERAK – Pengenalan dan pembiasaan pendidikan agama sejak dini, bisa menjadi pondasi bagi anak didik di tengah arus globalisasi zaman. Mengajarkan pendidikan agama sejak dini itulah yang dilakukan oleh TK Islam Dewi Maryam, Kecamatan Perak. Maka tak heran, sejak 21 tahun berdiri lembaga ini beristiqomah meletakkan dasa-dasar keagamaan kepada anak didiknya.

Kepala TK Islam Dewi Maryam Perak, Hj. Mas’adah, SE., SPd. Menerangkan, di lembaga yang dinahkodainya ini selain menanamkan pondasi keagamaan yang kuat, juga disertai kemandirian. Harapannya ketika menjalankan serangkaian praktik keagamaan, anak didik bisa secara mandiri tanpa adanya paksaan. Mereka secara sadar sudah mengerjakannya sendiri.

Apalagi ketika program infaq beras yang setiap bulan sekali dilakukan. Setelah terkumpul, anak didik diajak untuk menyalurkan kepada masyarakat yang kurang beruntung. Mereka pun kembali belajar soal kepekaan sosial dan mampu menghargai penuh syukur segala yang dimilikinya sekarang ini.

“Ditunjang dengan kegiatan rutin di TK Islam Dewi Maryam dan di tengah masyarakat semakin membuat anak didik kian terbiasa. Sedangkan jika di masyarakat dapat dipantau melalui aktivitas mereka di musala sekitar lembaga,” terang Hj. Mas’adah.

Baca Juga: SDN Sukoiber I Gudo Iklim Harmonis Menjadi Daya Magis

Tentunya pelaksanaannya tanpa ada tekanan. Dengan demikian anak didik akan nyaman melakukannya. Bahkan semakin bersemangat menantikan jadwal rutinnya.



Guru kelas Kelompok B2, Tri Tautarisna S.Pd. Aud mengakui pembiasaan yang terbangun ini juga membuat semakin kokoh karakter anak didik. Beragam nilai-nilai kebaikan akhirnya dituai. Anak didik menyadari dengan sepenuhnya mana yang benar dan mana yang keliru. Membuat mereka kian mampu membatasi diri.



Tri Tautarisna memapaparkan, “Apalagi ketika program infaq beras yang setiap bulan sekali dilakukan. Setelah terkumpul, anak didik diajak untuk menyalurkan kepada masyarakat yang kurang beruntung. Mereka pun kembali belajar soal kepekaan sosial dan mampu menghargai penuh syukur segala yang dimilikinya sekarang ini.”

Reporter/Foto: Donny Darmawan

Lebih baru Lebih lama