GUDO - Harmonisasi manis antar seluruh elemen pendidikan yang ada di sekolah akan menciptakan iklim pendidikan kondusif serta mendukung pembelajaran peserta didik. Oleh karena itu, SDN Sukoiber I Kecamatan Gudo tidak menutup diri hanya bagi civitas akademinya saja. Melainkan seluruh masyarakat, baik dari wali peserta didik hingga komite sekolah diberikan kesempatan seluas-luasnya untuk berkontribusi terhadap SDN Sukoiber I.

Kepala SDN Sukoiber I, Nurul Rusdiatin, S.Pd. mengatakan, memang pendekatan yang diambil oleh para guru dari hati ke hati. Bukan saja ke peserta didik, melainkan juga wali peserta didik mampu memberikan asupan positif bagi sekolah sesuai dengan tupoksinya masing-masing.

Pembelajaran yang dilangsungkan memang lebih dekat dengan peserta didik. Selain itu juga membuat kondisi yang nyaman.

“Misalanya untuk wali peserta didik, memang tidak dilibatkan langsung dalam pembelajaran. Tetapi selalu ada bentuk komunikasi dan pilihan guna memberikan dukungan keberhasilan pembelajaran tersebut. Dari pembelajaran inti hingga ekstrakulikuler,” terang perempuan berkacamata ini.

Baca Juga: SDN Genukwatu IV Ngoro Pandemi, Kesempatan Memperbaiki Diri

Seperti pada pengelolaan kantin sekolah sehat di lembaga yang didirikan sejak 955 ini. Wali peserta didik diberi kesempatan guna mengelola langsung kantin tersebut. Lalu keuntungannya kembali digunakan untuk kebutuhan peserta didik, khususnya memberikan tambahan penghasilan bagi Guru Tidak Tetap (GTT) yang ada di SDN Sukoiber I.



Nurul Rudiatin mengemukakan, “Pengelolaan langsung oleh wali peserta didik bukannya tanpa maksud. Tujuannya adalah menciptakan jajan yang sehat supaya mampu menjaga kesehatan peserta didik maupun seluruh warga sekolah.”

Sementara itu, guru kelas VI, SDN Sukoiber I, Heru Pujianto, S.Pd. menjelaskan pembelajaran yang dilangsungkan memang lebih dekat dengan peserta didik. Selain itu juga membuat kondisi yang nyaman. Sehingga tak akan terasa ada beban berlebihan ketika belajar, sebaliknya peserta didik bisa lebih menikmati pembelajaran tersebut.



“Hasil pembelajaran peserta didik bisa ditengok dari segenap raihan penghargaan dari pelbagai ajang kompetisi. Peserta didik pun serasa memiliki kepercayaan lebih dan ingin membuktikan bahwa sesungguhnya dia mampu,” pungkas Heru Pujianto.

Reporter/Foto: Donny Darmawan

Indeks SDN Sukoiber I Gudo

Tahun Berdiri : 29 Oktober 1955

Jumlah Peserta Didik : 125

Jumlah Guru : 4 Guru Kelas PNS, 1 PJOK, 1 PPPK, 1 CPNS

Raihan Prestasi :

1. Devina Fairuz Firja. Juara II Senam Artistik Putri (O2SN) jenjang SD Tahun 2018.

2. Fazazkha A.B. Juara III Kumite 40 KG SD Kelas 4-6 Putra. Kejuaraaan Karaet Pelajar Se Jawa Timur. JKC CUP IV Tahun 2019.

3. Matematika KSN mewakili Kecamatan Gudo ketingkat Kabupaten Jombang.

Lebih baru Lebih lama