JOMBANG – Banyak cara dalam merefleksikan Hari Kartini yang jatuh pada 21 April. Laiknya yang dilakukan oleh Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Kabupaten Jombang pada Minggu (10/4) di Aula I Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Diisdikbud) Kabupaten Jombang dengan menyelenggarakan Apresiasi Mewarnai bertajuk Mama Mia.

Ketua Himpaudi Kabupaten Jombang, Tita Aniqowardani, S.Pd. memaparkan maksud daripada Mama Mia adalah menjalin kerjasama antara anak dan orang tua dalam hal ini adalah mama/ibunya. Sehingga ketika mewarnai dibutuhkan kerjasama dan kekompakan antara keduanya. Bila tidak bisa jadi mama atau buah hatinya malah yang mendominasi.

Memang banyak sekali tantangan dalam melaksanakan Apresiasi Mewarnai Mama Mia ini. Selain sekarang berbarengan dengan pandemi Covid-19 sehingga membatasi partisipasi. Tak seperti biasanya hingga membludak dan meriah.

“Meskipun mereka sudah bersama sejak lama, belum tentu saat mewarnai dapat serasi. Bisa jadi yang dituangkan oleh anak didik berbeda dengan mamanya. Nah, di sini mereka harus mampu membagi porsi dengan tepat. Dengan kata lain, tak ada yang lebih mengungguli satu dengan lainnya,”tutur perempuan yang sudah dua periode menjabat sebagai Ketua Himpaudi Kabupaten Jombang.

Baca Juga: Servis Kelakson Zaeni Bunyinya Memanggil Rejeki

Ditegaskan oleh Tita Aniqowardani memang banyak sekali tantangan dalam melaksanakan Apresiasi Mewarnai Mama Mia ini. Selain sekarang berbarengan dengan pandemi Covid-19 sehingga membatasi partisipasi. Tak seperti biasanya hingga membludak dan meriah. Tetapi kini dari seleksi yang dilakukan di kecamatan, dipilih satu juara yang mewakili ke tingkat Kabupaten Jombang. Hanya saja ada perlakuan berbeda untuk Kecamatan Mojoagung, karena cukup banyak anak didik yang ikut seleksi maka diperkenankan mengirimkan dua perwakilannya. Itu pun sudah disepekati oleh seluruh ketua Himpaudi di seluruh kecamatan.



Juara III Apresiasi Mewarnai Mama Mia, Azalea Khaliqa Dzahin ketika di temui di akhir acara mengunggapkan kegimbiraannya yang luar biasa. Bak sebuah kado menjelang Ramadan 1442 Hijriyah. Apalagi mampu menyisihkan ribuan peserta dari keseluruhan kecamatan.

Darah ayu ini menceritakan, “Bahwa tak lepas dari hasil berlatih memadukan warna dengan mama. Sehingga ketika berkompetisi sudah siap dan dapat membagi peran masing-masing.”



Azalea Khaliqa Dzahin yang merupakan anak didik di KB Ceria Jombang mengakui meski menjadi pengalaman pertamanya tak lantas membuatnya puas. Sebaliknya, ingin sekali berlaga lagi di kompetisi serupa namun di jenjang lebih tinggi. Misalnya dalam skala provinsi hingga nasional.

Reporter/Foto: Chicilia Risca Y.

Daftar Juara Apresiasi Mewarnai Mama Mia
Himpaudi Kabupaten Jombang


Juara I
M. Nadhif Zufran Al-Fatih
KB Al- Hikam Jogoroto

Juara II
Ziyana Azkiya Ramadiani
KB Al-Azhar Ngoro

Juara III
Azalea Khaliqa Dzahin
KB Ceria Jombang

Juara Harapan I
Ismulloh Al-Azzam
KB Al-Ihsani Kesamben

Juara Harapan II
Merinda Alcha S.N.S.
KB Melati Plandaan

Juara Harapan III
Achmad Hakim Al-Baihaqi
KB NU Al- Imron Mojoagung
Lebih baru Lebih lama