JOGOROTO – Banyaknya kalangan milenial yang mensia-siakan waktunya guna aktivitas yang kurang bermanfaat, membuat Desa Sumbermulyo, Kecamatan Jogoroto menggagas kegiatan bermanfaat dan produktif yakni membuat Posyandu Remaja. Diungkapkan oleh Kepala Desa Sumbermulyo, Fuad bahwa Posyandu Remaja ini mampu menjaring kelompok muda desa untuk berkontribusi kepada tanah kelahirannya.

“Pada dasarnya mereka akan memberikan pengimbasan yang baik terhadap teman sebayanya. Selain itu juga turut membangun desa dengan keterlibatannya,” terang Fuad.

Setelah terbentuk kami namakan Posuyandu Remaja Puspa Edelweis. Kegiatannya tak sekadar mengecek tinggi dan berat badan ataupun tes kesehatan lain. Melainkan memberikan edukasi dan diskusi pada remaja di Desa Sumbermulyo mengenai Undang-undang Perlindungan Anak, kesehatan reproduksi, maupun kenakalan remaja yang mengkhawatirkan.

Penggagas Posyandu Remaja, Novita Sari mengungkap memang sejak tahun 2017 ketika awal kali membangun dimulai adanya keresahan banyaknya para pemuda yang meninggalkan desa. Entah karena melanjutkan pendidikan atau bersaing dalam dunia kerja di kota besar di Indonesia. Oleh karena itu, dia mencoba membentuk Posyandu Remaja guna memberikan kesibukan positif dan menambah pengalaman bagi pemuda di desa yang terbelah jalur kereta api Jombang-Surabaya tersebut.

Baca Juga: Ayu Kurnia Wanti Keyakinan Mengantarkan Jadi Juara

Novita Sari menjelaskan, “Setelah terbentuk kami namakan Posuyandu Remaja Puspa Edelweis. Kegiatannya tak sekadar mengecek tinggi dan berat badan ataupun tes kesehatan lain. Melainkan memberikan edukasi dan diskusi pada remaja di Desa Sumbermulyo mengenai Undang-undang Perlindungan Anak, kesehatan reproduksi, maupun kenakalan remaja yang mengkhawatirkan.”



Di dalam Posyandu Remaja Puspa Edelweis ada empat divisi seperti kesehatan, rohani, pendidikan, bakat minat. Ditambahkan oleh Novita Sari, para anggota rutin berdiskusi mengenai isu empat hal tersebut. Selebihnya juga membantu teman-temannya yang lain ketika menghadapi persolan tersebut sebagai sandaran terpercaya guna berbagi. Akhirnya, membantu membangun kepercayaan diri sekaligus kecakapan komunikasi yang sangat bermakna saat menatap masa depannya.



Empat tahun berjalan, Posyandu Remaja Puspa Edelweis telah banyak menorehkan prestasi baik itu ditingkat kabupaten maupun Provinsi Jawa Timur. Di ajang Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Tingkat Kabupaten Jombang yang menyabet Juara I pada tahun 2019. Masih di tahun yang sama juga mendapat Juara Harapan, dalam kategori Kader Pemberdayaan Masyarakat Berprestasi Tingkat Provinsi Jawa Timur.

Reporter/Foto: Chicilia Risca Y.

Lebih baru Lebih lama