PERAK – Raut kegembiraan terpancar dari wajah Ayu Kurnia Wanti. Selain sudah bisa bertegur sapa dengan kawan sebayanya di sekolah, juga mengingat kembali momentum perjuangannya dalam mengharumkan nama SMP Negeri 1 Perak di tingkat kabupaten.

Berdasarkan Surat Keputusan yang ditandangani oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang, per tanggal 10 September 2020, Ayu dinyatakan sebagai peraih Juara I Pilihan Dai Remaja (Pildaraja), Lomba Keagamaan Islam jenjang SMP Tahun 2020 yang diselenggarakan secara virtual.

Capaian Ayu Kurnia Wanti memang tidaklah mudah. Sebelum berhasil lolos menjadi finalis Pildaraja, harus menaklukkan pelbagai jalan yang berliku. Mulai dari menyusun naskah pidato dan kemudian menghafalkannya. Dijelaskan oleh peserta didik berhijab ini, bahwa dirinya sempat mengalami kesulitan bahkan rasa tidak percaya diri. Sebab, waktu perlombaan yang berlangsung waktu persiapannya cukup singkat.

Berkat motivasi dan dorongan dari para bapak/ibu guru serta kedua orangtua, semua bisa tercapai.

“Setelah ditunjuk langsung oleh bapak/ibu guru, saya langsung mengiyakan. Karena baru pertama kali mengikut perlombaan Pildaraja, maka muncul tantangan dalam diri pribadi. Sempat muncul perasaan kecil hati sebenarnya, beruntungnya bisa segera di atasi. Terlebih bila beberapa kalimat saja tidak hafal, maka proses pengambilan video akan diulang dari awal, dan melewatinya sampai 10 kali pengambilan video pada babak penyisihan di bulan Agutus tahun lalu,” ungkap Ayu Kurnia Wanti.

Baca Juga: SMP Negeri 2 Kesamben Pramuka, Dedikasi dan Prestasi

Perjalanan melelahkan nan singkat tersebut, akhirnya berhasil dituntaskan. Lewat naskah yang disusun bersama guru bimbingan keagamaan, bertemakan cara menghadapi masa pandemi melalui kacamata keagamaan dan dibawakan secara apik melalui bumbu improvisasi. Perempuan berparas tegas ini tak jarang mengutip pesan-pesan dalam ayat Alquran. Agar pesan yang disampaikan tidak kering makna serta relevansinya.



Ayu Kurnia Wanti mengisahkan perjalanan selama perlombaan hingga menggapai gelar juara, “Setelah lolos dalam babak penyisihan, rasa percaya diri justru semakin meningkat. Ini juga tak lepas dari peran bapak/ibu guru dan kedua orang tua saya di rumah yang selalu memberikan motivasi agar selalu yakin dan bisa.”

“Walhasil pasca babak penyisihan terlewati, masuk sebagai finalis dan harus bersaing dengan sepuluh peserta lain yang notabene dari sekolah berlatar pendidikan agama. Namun tak sedikit pun membuat ciut nyali. Berkat motivasi dan dukungan semua pihak, akhirnya saya berhasil menuntaskan penyampaian naskah dalam kurun waktu kurang dari enam menit. Syukur, dari proses tersebut, lantas mengantarkan saya meraih gelar Juara I Pildaraja tingkat Kabupaten Jombang Tahun 2020,” pungkasnya.

Reporter/Foto: Donny Darmawan

Ayu Kurnia Wanti

1. Tempat Tanggal Lahir : Jombang, 29 Juni 2005

2. Usia : 16 Tahun

3. Pendidikan : a. TK Kartini Sukorejo Perak

b. SDN Sukorejo 1 Perak

4. Hobi : Membaca

5. Tokoh Idola : WS Rendra

Lebih baru Lebih lama