KESAMBEN – 
Membincang pendidikan karakter di lingkungan peserta didik, seolah tak ada habisnya. Sebab, dunia pendidikan tidak pernah stagnan. Perkembangannya selalu dinamis dan menyesuaikan dengan laju zamannya.

Oleh karenanya, tiap satuan pendidikan wajib memberikan pelayanan maksimal, yang tidak sebatas pada kegiatan pembelajaran di kelas. Akan tetapi juga memberikan pelayanan dalam bentuk kegiatan yang ditujukan pada pembentukan karakter peserta didik.

Karena menjadi kegiatan yang bersifat wajib, maka sudah menjadi tugas sekolah untuk memaksimalkannya. Baik dari segi ouputnya berupa prestasi.

Berangkat dari hal tersebut, SMP Negeri 2 Kesamben terus berupaya memaksimalkan pembentukan karakter, lewat kegiatan Pramuka. Dijelaskan oleh Pembina Pramuka SMP Negeri 2 Kesamben, Teguh Santosa, M.Pd, bahwa kegiatan yang diampunya tersebut tidak sekadar sebagai formalitas. Lebih dari itu, melalui dukungan penuh dari pihak sekolah, peserta didik sudah mampu meraih prestasi di berbagai ajang kepramukaan tingkat kabupaten.

Baca Juga: Sosialisasi PPBD Zonasi Online 2021 Putra Guru Mendapat Prioritas

“Terlepas dari kegiatan pramuka yang bersifat wajib. Namun konsistensi peserta didik kami, patut diacungi jempol. Pasalnya, para alumni dari Dewan Penggalang juga masih aktif untuk membantu secara sukarela, ketika ada kegiatan semacam Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) dan kegiatan latihan dasar. Dari pelaksanaan sebelum masa pandemi yang dilakukan saban Jumat dan Sabtu, presentase ketidakhadiran tidak sampai 10%,” jelas Teguh Santosa.



Pria yang akrab disapa Pak Teguh ini melanjutkan, minat peserta didiknya yang besar terhadap kegiatan Pramuka. Bertalian erat dengan bekal pemahaman yang sudah dibawa sejak duduk di bangku Sekolah Dasar (SD). Selain itu bentuk output lainnya ialah, ketika sudah dinyatakan sebagai alumni SMP Negeri 2 Kesamben, mayoritas peserta didik yang mengikuti Pramuka, mampu menjadi pionir keorganisasian di jenjang SMA maupun SMK.



Tidak jauh dengan yang diungkapkan oleh Teguh Santosa, Kepala Urusan Sarana Prasarana, SMP Negeri 2 Kesamben, Drs. Sugeng Winarno menuturkan bahwasannya kegiatan Pramuka secara otomatis turut membentuk kedisiplinan peserta didik. Sekaligus menjadi jembatan penyeimbang kognitif peserta didik di bidang akademik dan non-akademik.



“Lebih penting lagi kedepannya untuk menjaga geliat Pramuka sebagai wadah kreativitas dan pembentukan karakter peserta didik. Sebab, lewat kegiatan Pramuka inilah, peserta didik bisa belajar segala hal. Mulai tenggang rasa antar sesama, kedisiplinan, dan mencintai lingkungan sekitarnya,” tandas Sugeng Winarno.

Reporter/Foto: Donny Darmawan

Profil SMP Negeri 2 Kesamben

· Tahun Berdiri : 1991

· Akreditasi : A

· Jumlah Peserta Didik : 567

· Jumlah Rombongan Belajar : 18

· Jumlah Tenaga Pendidik : 36 Guru, 2 Petugas Perpustakaan, 5 Pramu Sekolah

· Kegiatan Unggulan : Pramuka dan Keagamaan

· Prestasi : Non Akademik bidang Pramuka.

Raihan :

1) Juara Umum Ajang Karya Tunas Merah II Tahun 2019 Tingkat Kabupaten Jombang.

2) Juara I Pidato Dasa Dharma Putra Tahun 2019 Tingkat Kabupaten Jombang.

3) Juara II Senam Pramuka Putra Tahun 2017Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Ngoro.
Lebih baru Lebih lama