GUDO – Anak itu ibarat sebuah lembaran kertas putih. Masih polos penuh dengan hasrat tinggi mengetahui pelbagai hal yang baru baginya. Oleh karena itu, harus diberikan isian yang positif baik secara pemikiran dan perilakunya agar kedepannya bermanfaat.

TK Pertiwi Gempol Legundi Gudo pun mencoba melakukannya melalui medium menggambar dan mewarnai. Aktifitas yang sangat digemari oleh anak-anak ketika bersentuhan dengan pensil warna juga kertas gambar. Dari situ anak didik akan belajar fokus dan konsentrasi yang sangat berguna dalam pembelajaran kedepannya.

Memang disediakan waktu khusus untuk anak didik belajar menggambar dan mewarnai. Tidak pada jam pembelajaran reguler, tetapi sepulang sekolah lebih kurang selama 30 menit. Hasilnya pun dapat dilihat dari deretan piala peghargaan juara yang sudah ditorehkan anak didik.

Diterangkan oleh Kepala TK Pertiwi Gempol Legundi Gudo,Wahyuti, S.Pd., MM. bahwa memang disediakan waktu khusus untuk anak didik belajar menggambar dan mewarnai. Tidak pada jam pembelajaran reguler, tetapi sepulang sekolah lebih kurang selama 30 menit. Hasilnya pun dapat dilihat dari deretan piala penghargaan juara yang sudah ditorehkan anak didik.

Baca Juga: Para Wonder Women Sampah

“Kegiatan tersebut tak semata-mata dilaksanakan jelang ada perlombaan saja. Namun secara rutin telah berlangsung sehingga membuat anak didik terbiasa akan dunia yang digemarinya tersebut. Tentunya tetap dalam arahan guru sehingga anak didik mengetahui dan dapat mempraktikan dasar-dasar dalam menggambar serta mewarnai,” ungkap Wahyuti.



Wahyuti mengatakan memang saat perlombaan tidak semua anak didik mendapat kesempatan mengikuti. Sebab, akan dipilih yang mampu mencapai hasil yang baik. Walaupun begitu sangat membuka peluang anak didik yang lain di kesempatan lainnya. Langkah ini dinilai mampu memupuk kepercayaan anak didik dan semangat berkompetisi dengan merata.



Guru Kelas B1, TK Pertiwi Gempol Legundi Gudo, Sri Mulyani, S.Psi. menambahkan, hal yang membanggakan adalah dukungan wali anak didik sangat besar, saat buah hatinya mengikuti perlombaan. Hal tersebut menjadi modal tersendiri bagi lembaga dalam mengembangkan bakat dan minat yang dimiliki oleh anak didik.



“Dengan demikian jalannya pembelajaran di sekolah bisa seirama karena sudah ada komunikasi dan kesepakatan yang diambil. Sehingga TK Pertiwi Gempol Legundi Gudo tak tanggung-tanggung dalam memoles anak didik dengan lebih baik,” pungkas Sri Mulyani.

Reporter/Foto: Donny Darmawan

Profil TK Pertiwi Gempol Legundi Gudo

a. Tahun Berdiri : 1 Januari 1976

b. Akreditasi : B

c. Jumlah Anak Didik : 65 anak didik

d. Jumlah Guru : 4 Guru

e. Juara :

1. Juara I, II, dan III Porseni Tingkat Kabupaten tahun 2017

2. Juara I Drum Band Hari Kemerdekaan Indonesia tahun 2017

Lebih baru Lebih lama