JOMBANG – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur memberikan Apresiasi Seniman 2021. Sebanyak 21 seniman asal Kota Santri melalui Bidang Kebudayaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang mendapatkan kucuran uang tunai sebesar Rp 500 ribu.

Penyerahan secara simbolis itu dilakukan pada Kamis (6/5) di Ruang Pertemuan Pengawas Disdikbud Kabupaten Jombang. Dana segar itu ditransfer ke masing-masing rekening penerima.

Kepala Bidang Kebudayaan, Disdikbud Kabupaten Jombang, Drs. Didik Pambudi Utomo mengakui bahwa apresiasi ini belumlah seberapa dari yang sudah dilakukan oleh para seniman di Jombang khususnya untuk teguh melakoni jalan keseniannya hingga kini. Namun dirinya berharap hal itu dapat memberikan arti sendiri. Karena di era pandemi Covid-19, sebagian aktivitas kesenian menjadi layu.

Oleh karena itu, pihaknya tak akan berhenti sampai di sini saja. Segala upaya terus digalakkan untuk terus mampu membunyikan kesenian lokal jangan sampai termakan zaman. Melalui agenda rutin tampil secara virtual maupun memasuki ke sekolah supaya gemanya tak sampai padam.

Reporter/Foto: Chicilia Risca Y.

Lebih baru Lebih lama