NASIONAL - Selain indra penciuman, banyak penderita Covid-19 juga kehilangan indra perasa. Cara mengembalikan indra perasa bisa dengan mempraktikkan 5 tips makan dari pakar kesehatan ini.

Penyakit Covid-19 memiliki banyak gejala. Dua yang paling umum adalah kehilangan indra penciuman dan indra perasa. Hal ini menyiksa karena bisa membuat penderita Covid-19 juga kehilangan selera makan.

Padahal obat alami untuk negatif Covid-19 adalah asupan beragam makanan sehat dengan gizi seimbang. Untuk mengatasinya, mulai dari mencicipi makanan yang memiliki rasa kuat hingga minum banyak air putih untuk memastikan mulut tidak kering. Dikutip dari Healthline, berikut tips makan untuk mengembalikan indra perasa yang hilang:

Fokus Pada Indra Lainnya
Cara mengembalikan indra perasa ini melibatkan kemampuan kalian untuk fokus saat makan. Coba maksimalkan kerja indra penglihatan, penciuman, dan pendengaranmu. Caranya dengan mengonsumsi makanan yang memiliki tekstur, aroma, tampilan, dan menimbulkan suara saat dikunyah.

Baca Juga: Ketahui Anak Anda Apakah ABK Sebelum 2 Tahun

Saat hendak memakannya, kalian juga bisa memperhatikan warna, tekstur, dan beragam perbedaan dari makanan yang ada di depanmu. Kalau kalian juga kehilangan indra penciuman, coba tambahkan beragam herba dan rempah ke dalam makanan.

Pada intinya, pakar menyarankan agar kalian membuat pengalaman makan lebih beragam dan menyenangkan. Caranya bisa dengan mencoba resep baru, menyajikan makanan yang sama dengan cara berbeda, atau membeli makanan dari luar yang belum pernah kalian coba.

Coba Makanan yang Rasanya Kuat
Meski kalian kehilangan kemampuan untuk mengenali rasa makanan secara keseluruhan, tapi ada beberapa jenis makanan yang memiliki rasa lebih kuat dibanding makanan lain. Bereksperimen mencicipi makanan seperti ini bisa menstimulasi indra perasa kalian.

Coba konsumsi makanan asam seperti lemon, jeruk nipis, atau buah asam lainnya. Untuk makanan yang dimasak, coba tambahkan bumbu dan herba yang rasanya kuat. Misalnya bubuk bawang putih, bubuk cabai, kayu manis, dan bahkan cuka.

Konsumsi Makanan yang Kalian Suka
Cara mengembalikan indra perasa selanjutnya adalah dengan mengonsumsi makanan yang kalian suka. Hal ini mencegah kalian kurang nutrisi karena tidak selera makan. Meski makanan tersebut kurang menyehatkan, namun selama kalian menyukainya, kalian bisa memakannya dulu.

Hal ini lebih baik ketimbang kalian tidak makan sekali. Misalnya, kalian suka makanan yang asinnya kuat, maka tak masalah menambahkan lebih banyak garam ke dalam makananmu.

Jika kalian sudah suka satu makanan dan tak bisa makan yang lainnya, lanjutkan saja pola makan tersebut sampai indra perasamu berangsur-angsur pulih. Namun perlu diperhatikan, jika kondisimu tak membaik dalam jangka waktu lama, kalian perlu konsultasi ke dokter.

Makan Sedikit, Tapi Sering
Tips makan ini biasanya dipraktikkan mereka yang berdiet, namun ternyata juga cocok sebagai cara mengembalikan indra perasa. Makanlah sedikit-sedikit, namun sering. Apalagi jika kalian merasa mual karena harus menelan makanan yang terasa hambar. Cara ini bisa jadi salah satu solusinya.

Coba makan setiap 2-4 jam sekali. Usahakan mengasup sumber karbohidrat, protein, dan lemak sehat dalam setiap makan utama. Kemudian sertakan dua porsi camilan sehat setiap harinya.

Pola makan sedikit tapi sering ini menurunkan risiko kamu bosan akan jenis makanan tertentu. Cara ini juga memastikan kalian tetap dapat asupan nutrisi meski mulutmu terasa tidak enak.

Banyak Minum Air
Minum banyak air putih diperlukan untuk mengembalikan indra perasa. Hal ini karena jika kalian kekurangan air, maka mulut akan kering. Kondisi mulut kering akan memperparah kondisi hilangnya indra perasa. Coba minum banyak air putih di antara waktu makan. Kalian juga bisa meneguk beberapa gelas air putih saat makan.

Cara mengembalikan indra perasa lainnya adalah memastikan mulut dalam kondisi bersih. Coba kumur-kumur dengan larutan pencuci mulut atau buat larutan alami sendiri dari soda kue dan air. Lakukan hal ini secara rutin, bersamaan dengan sikat gigi dan lidah.

Sumber/Rewrite: detik.com/Tiyas Aprilia

Lebih baru Lebih lama