BANDAR KEDUNGMULYO – Walaupun kini SDN Brangkal II Bandar Kedungmulyo ditinggalkan kepala sekolahnya karena mutasi, tidak mengurangi semangatnya untuk membuat peserta didik memiliki akhlak yang baik. Hal ini diungkapkan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala SDN Negeri Brangkal II Bandar Kedungmulyo, Roby Erwanto, S.Pd.

Diterangakan oleh Roby Erwanto bahwa kunci utamanya adalah menjaga keharmonisan gubungan internal dan eksternal di sekolah yang berada di ujung paling Barat Kabupaten Jombang ini. Dari antar civitas akademik di SDN Brangkal II Bandar Kedungmulyo, maupun masyarakat sekitar.

Banyak sekali saran hingga masukan yang sangat luar biasa diberikan kepada SDN Brangkal II Bandar Kedugmulyo. Kesemuanya dinilai sangat membangun, tinggal penerjemahannya yang baik supaya tidak tumpang tindih satu dengan lainnya dan mampu berjalan secara konstruktif.

“Jelas ada pengaruh yang luar biasa ketika harmonisasi itu terbentuk dengan sempurna. Dari segi pembelajaran dan menjalankan program sekolah, segenap turut terlibat dan berupaya memberikan yang terbaik. Begitu pun dari masyarakat sekitar, pasti tak akan menutup mata untuk memeberikan segala sumbangsihnya demi kelancaran proses pembelajaran yang ada,” ungkap Roby Erwanto.

Banyak sekali saran hingga masukan yang sangat luar biasa diberikan kepada SDN Brangkal II Bandar Kedungmulyo. Menurut Roby Erwanto, kesemuanya dinilai sangat membangun, tinggal penerjemahannya yang baik supaya tidak tumpang tindih satu dengan lainnya dan mampu berjalan secara konstruktif.

Baca Juga: Kemendikbud Ristek Susun Rekomendasi Sistem Pembelajaran Saat Pandemi

Ditegaskan pula oleh Guru Kelas IV, SDN Brangkal II Bandar Kedungmulyo, Tri Cholifatur Rosidah, S.Pd. segala kegiatan yang melibatkan peserta didik maupun beragam program di sekolah selalu dikomunikasikan terlebih dulu dengan komite sekolah maupun tokoh masyarakat.

Diakui oleh Tri Cholifatur Rosidah, “Dengan demikian akan terjalin keterbukaan. Baik dengan wali peserta didik maupun masyarakat setempat. Sehingga dapat menjalin sinergi satu sama lain untuk saling mendukung keberhasilan pembelajaran peserta didik.”



Langkah awal dalam menjalin keharmonisan itu ialah dengan melaksanakan zakat fitrah pada Rabu (5/4). Zakat itu dari peserta didik diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan di sekitar sekolah. Dengan melibatkan peserta didik dalam penyalurannya, diharapkan semakin menebalkan budi pekerti yang akan sangat bermanfaat dalam hidupnya.

“Selain itu juga akan kami kuatkan nilai-nilai keagamaan kepada peserta didik. Terlebih lagi lingkungan sekitar sangat kental dengan lingkungan keagamaan, jadi semakin mempermudah proses pendidikan secara bekelanjutan dari sekolah hingga di luar sekolah,” tutup Roby Erwanto.

Reporter/Foto: Donny Darmawan

SDN Brangkal II Bandar Kedungmulyo

a. Tahun Berdiri : 1982

b. Jumlah Peserta Didik : 47

c. Akreditasi : B

d. Jumlah Guru : 9

Lebih baru Lebih lama