BARENG – Sudah banyak yang mengetahui, bahwa sekolah tak sebatas sebagai wahana belajar. Melainkan mendulang prestasi pun sangat dimungkinkan. Terlebih lagi melihat bakat serta potensi yang dimiliki peserta didik. Apabila dibina serta diarahkan dengan baik, bukan tidak mungkin rangkaian prestasi akan teraih.

SDN Ngampungan Bareng memahami hal tersebut. Meskipun berada di daerah pinggiran Jombang, tak membuatnya hanya mengembangkan dari sisi non-akademik. Seperti kebanyakan sekolah-sekolah lainnya yang berada di tepian Kota Santri.

Oleh karena itu, diselenggarakan evaluasi rekomendasinya adalah memberikan tambahan penguatan di bidang akademik yakni untuk mata pelajaran IPA dan matematika pada Tahun Pelajaran (Tapel) 2017/2018.

Sebaliknya, sekolah yang berbatasan langsung dengan Kecamatan Mojowarno, Wonosalam, dan Ngoro ini berupaya betul meningkatkan prestasi akademik peserta didiknya. Langkah ini di nilai sebagai bukti bahwa sekolah di kawasan pedesaan mampu bersaing dengan yang berada di kota.

Baca Juga: SDN Brangkal II Bandar Kedungmulyo Keharmonisan Seluruh Elemen

Kepala SDN Ngampungan Bareng, Siti Fathimah, S.Pd. mengungkapkan, sempat terjadi ketidakseimbangan atas prestasi di sekolah yang dipimpinnya tersebut. Prestasi non-akademik lebih menonjol dibandingkan akademik. Oleh karena itu, diselenggarakan evaluasi rekomendasinya adalah memberikan tambahan penguatan di bidang akademik yakni untuk mata pelajaran IPA dan matematika pada Tahun Pelajaran (Tapel) 2017/2018.



“Kami memilih penguatan mata pelajaran IPA serta matematika diperuntukan peserta didik kelas II, IV, dan V. Selanjutnya guru yang diberikan tanggung jawab mengasuh bimbingan memilih 10 peserta didik terbaik di tiap mata pelajaran tersebut. Barulah diberikan pembelajaran sebagai penguatan di luar jam belajar reguler seraya nantinya bisa sebagai modal dalam perlombaan sekaligus pengimbasan kepada teman sebayanya,” terang Siti Fathimah.



Guru Kelas IIA, SDN Ngampungan Bareng, Sri Ernawati, Ama.Pd menabahkan bahwa langkah ini pun terbilang sukses merebut hati masyarakat. Sebab, banyak peserta didik SDN Ngampungan menorehkan prestasi di tiap ajang yang diikuti. Praktis menjadi buah bibir yang positif di masyarakat.

Sri Enawati mengakui, “Praktis sejak dilakukan marger pada 2005, SDN Ngampungan Bareng selalu mampu mencukupi pagu yang tersedia. Ini membuktikan kepercayaan masyarakat semakin tinggi.”

Reporter/Foto: Donny Darmawan
Lebih baru Lebih lama