KABUH – Prestasi peserta didik dapat diraih tak hanya melalui bidang akademis. Tapi bisa juga melalui bidang non-akademis. Bahkan dirasakan sangat berpeluang besar karena banyaknya pilihan yang bisa diikuti oleh peserta didik.

SMP Negeri 2 Kabuh misalnya, menggarap dengan serius para peserta didiknya yang mempunyai potensi di bidang non-akademis, khususnya di wilayah olahraga. Diungkapkan oleh Guru Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK), Sigit Prasetyo, S.Pd. memang di kegiatan olahraga, utamanya atletik menjadi penyumbang prestasi yang cukup banyak. Hal itu dikarenakan pada dasarnya peserta didik yang berada di sekolah kawasan Utara Sungai Brantas tersebut memiliki potensi yang besar.

SMP Negeri 2 Kabuh masih memperhatikan kesetaraan pembelajaran agar mampu mencapai hasil yang maksimal. Sementara mengenai juara, sekadar nilai plus yang menjadi kebanggaan bagi semua.

Diterangkan oleh Sigit Prasetyo, “Setiap peserta didik dari kelas VII sampai dengan IX memiliki kesempatan yang sama. Kami menyeleksi mereka melalui pertandingan antar sekolah. Melalui cara itu dapat dilihat seperti apa mental peserta didik dalam berlaga sekaligus kemampuannya. Kemudian dilengkapi dengan nilai praktik peserta didik saat mapel PJOK berlangsung. Akan kentara sekali kemampuan mereka dengan pelbagai metode pemilihan itu.”

Baca Juga: Pencairan TPP Berubah

Diakui juga Wakil Kepala Sekolah, Bidang Kurikulum, SMP Negeri 2 Kabuh, Drs. Tjahjono Adi Widodo bahwasanya potensi pada peserta didik, khususnya di cabang olahraga atletik tidak dilewatkan begitu saja. Selain menguatkannya kembali dengan mengarahkan dengan baik, tentunya berkelanjutan perlu diikut-sertakan dalam serangkaian ajang pertandingan.



“Walaupun bidang non-akademik lebih mendominasi, bukan berarti SMP Negeri 2 Kabuh sepi prestasi akademiknya. Beberapa waktu sebelumnya berhasil masuk final dalam lomba Tilawatil Quran dan Bahasa Jawa. Hal ini membutikan bahwa SMP Negeri 2 Kabuh masih memperhatikan kesetaraan pembelajaran agar mampu mencapai hasil yang maksimal. Sementara mengenai juara, sekadar nilai plus yang menjadi kebanggaan bagi semua,” ungkapnya.



Dibenarkan juga oleh Wakil Kepala Sekolah, Bidang Kesiswaan, SMP Negeri 2 Kabuh, Kunarti, S.Pd bahwa penyeimbangan potensi peserta didik sangat pas. Lantaran akan menjadi bekal yang berpengaruh dalam menjemput masa depan mereka. Apalagi di era globalisasi saat ini, dibutuhkan kemampuan lain yang harus dimiliki oleh peserta didik agar dapat bersaing dengan yang lainnya.

Reporter/Foto: Donny Darmawan

Biodata SMP Negeri 2 Kabuh

Berdiri : 17 Juni 2000

Akreditasi : A

Jumah Peserta Didik :476, terbagi 15 rombongan belajar

Jumlah Guru : PNS 19, GTT, 19.

Juara : Juara II Cabang Tolak Peluru Tingkat Kabupaten Jombang 2018-2019

Juara I Cabang Senam Lantai Tingkat Kabupaten Jombang 2018-2019

Lebih baru Lebih lama