Abdul Hakim S.Ag saat ditemui di ruang kerjanya. (donny)










DIWEK - Berkecimpung di dunia pendidikan dewasa ini, seolah tak akan ada kata berakhir untuk memperbarui informasi hingga kompetensi. Itulah yang dirasakan Juara I Penilik Berprestasi Tingkat Kabupaten Jombang Tahun 2020, Abdul Hakim, S.Ag. Pengalaman Abdul Hakim sebagai penilik di Wilayah Kerja Pendidikan (Wilkerdik) Kecamatan Diwek memberikan gambaran aktivitas pendidikan tanpa batas.

Artinya, baik guru maupun tenaga struktural terus mendapatkan gemblengan guna memenangkan segenap perubahan yang berlangsung secara cepat dan beruntun. Hal itulah yang menjadi ide Abdul Hakim dalam menyusun Best Practise sebagai modal pertama mengukuti seleksi penilik berprestasi.

Anak didik pada dasarnya memiliki kemerdekaan belajar. Sebagai guru jangan sampai terkekang dengan hegemoni yang telah berkembang yakni harus mengajari anak didik membaca, menulis, serta berhitung (Calistung). Biarkan anak didik mengembangkan daya kreasi dan imajinasinya dengan luas.

“Mengusung tema Dakwah Sentra Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pendidik, khususnya dalam jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) saya mencoba mengejawantahkan jalannya pendidikan untuk anak didik yang tepat. Terlebih melihat kebutuhan saat ini yang lebih fleksibel dan dinamis, harus mampu ditangkap dengan baik oleh para pendidik,” jelas Abdul Hakim.

Tiada kesulitan saat penyusunan Best Practise ini. Apalagi berangkat dari pengalaman yang telah dilakukannya sendiri berulang kali. Kuncinya dalam pembelajaran sentra ini adalah penguatan kreativitas guru.

Baca Juga: Tips Jitu agar Anak Suka Membaca Buku

Jikalau guru mampu memantik kreativitasnya maka pada tiap sentra makin banyak yang dapat dilakukan oleh anak didik. Lebih lagi bersumber dari beragam hal yang dekat dengan anak didik. Sehingga semakin menjadikan pembelajaran lebih bermutu.

Abdul Hakim menegaskan, “Anak didik pada dasarnya memiliki kemerdekaan belajar. Sebagai guru jangan sampai terkekang dengan hegemoni yang telah berkembang yakni harus mengajari anak didik membaca, menulis, serta berhitung (Calistung). Biarkan anak didik mengembangkan daya kreasi dan imajinasinya dengan luas.”

Reporter/Foto: Donny Darmawan

Biodata Abdul Hakim

Tempat, Tanggal, Lahir : Jombang, 23 Juni 1975

Pendidikan :

MASS Aliyah Darul Faizin Catak Gayam 1994

S1 Pendidikan Agama Islam, Institut Keislaman Hasyim Asyari (IKAHA) 1999.

Tokoh Idola : Gus Dur

Hobi : Bersepeda

Lebih baru Lebih lama