Penyerahan simbolis tokoh Bima oleh Ketua PKK Kabupaten Jombang dan Kepala Bidang Kebudayaan, Disdikbud Kabupaten Jombang.(donny)

JOMBANG – Ada banyak cara yang dilakukan dalam mengapresiasi Hari Kartini. Seperti yang dilakukan oleh Bidang Kebudayaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang dalam gelaran Gebyar Budaya pada Sabtu (4/6) malam di Aula I Disdikbud Kabupaten Jombang. Yakni, menggelar pementasan wayang dengan dalang Nyi Suwarti bersama cucunya Ki Sri Bawono dengan lakon Bima Bungkus.

Diungkapkan Kepala Seksi Sejarah dan Kebudayaan, Disdikbud Kabupaten Jombang, Anom Antono, S.Sn. ini adalah wujud apresiasi mendalam untuk pegiat kesenian perempuan di Kota Seribu Pesantren. Sebenarnya, menurutnya, acara tersebut sudah dijadwalkan pada April 2021, namun baru bisa terlaksana sekarang ini.

Baca juga: Kucurkan Bantuan Hibah Rp13 Miliar

Acara yang dilangsungkan semalam suntuk dan disiarkan secara virtual ini dikolaborasikan dengan kesenian Banjari dari Ikatan Pemuda Nahdlatul Ulama (IPNU) Kecamatan Tembelang, beserta Kelompok Karawitan Gita Laras dari Kecamatan Kudu.

Hadir pula Tim Pembina PKK Kabupaten Jombang, Wiwin Isniati Sumrambah. Dalam kesempatan itu, Wiwin memberikan apresiasi digelarnya pertunjukkan tersebut. Menurutnya, sosok Nyi Suwati adalah inspirasi bagi perempuan Jombang masa kini. Karena dalang perempuan ini masih ulet dan tekun dalam melestarikan kesenian serta kebudayaan tradisional.

Reporter/Foto: Donny Darmawan
Lebih baru Lebih lama