Evania Aretta Fitri Rosyidi. (ist)


JOMBANG – Keberhasilan seorang anak tidak lepas dari tangan dingin orangtua. Karena orangtua mampu memberikan teladan dan pendidikan yang tepat. Lebih lagi saat mengetahui bahwa sang buah hati memiliki bakat tertentu, jelas orangtua yang pertama tahu dan memberikan dukungan sepenuhnya.

Itulah yang dirasakan oleh Juara 1 dalam Kompetisi Sains Nasional (KSN) Bidang Matematika Tingkat Kabupaten Jombang 2021, Evania Aretta Fitri Rosyidi. Orangtuanya selalu memberikan dukungan dan bimbingan mengenai bidang studi tersebut. Sejalan dengan itu, di luar sekolah juga memberikan pengalaman berkompetisi di pelbagai ajang.

Walau banyak anggapan Matematika itu sulit, namun baginya kesulitan itu adalah tantangan. Oleh karenanya, dia tidak patang menyerah, terus mencoba untuk menemukan jawabannya.

Ingin terus mengukir berprestasi. Oleh sebab itu belajar seolah sudah menjadi bagian dari dirinya. Selain itu juga berkehendak menjadi pribadi dengan karakter yang baik bagi masyarakat.

“Saat ini saya sudah duduk di Kelas V, SDN Jombatan III Jombang, tetapi soal prestasi siapa pun memiliki kesempatan yang sama. Untuk itu jika ada kesempatan harus dimanfaatkan dengan baik. Bisa dikatakan prestasi dalam sebuah kejuaraan adalah pembuktian dari hasil pembelajaran kita,” ungkap gadis berparas ayu ini.

Ibunda Evania Aretta Fitri Rosyidi, Mas’ulah pun mengakui bahwa putri pertamanya dari tiga bersaudara ini sudah terdidik dengan mental yang kuat. Ditunjang dengan pembiasaan belajar yang dia bangun sendiri dengan sangat keras. Meskipun sedang sakit Evania masih menyempatkan belajar. Demikian juga ketika kondisi serta waktu yang terbatas, Evania tetap semangat untuk belajar.

Baca Juga: Cara Merawat Koleksi Buku Agar Awet dan Tahan Lama

Diakui oleh Mas’ulah, “Belajarnya hingga larut. Evania juga sudah terbiasa bangun subuh dan melakukan rutinitas tepat waktu, baik di rumah maupun di sekolah.”

Sementara itu Kepala SDN Jombatan III Jombang, Donny Erfantoro, S.Pd. membenarkan bahwa peserta didiknya ini telah memiliki karakter yang kuat dalam berprestasi. Seolah tak cukup hanya sekadar berprestasi di sekolah saja. Terus ingin mencoba bersaing dan berkompetisi dengan peserta didik lain.
Evania Aretta Fitri Rosyidi bersama Kepala SDN Jombatan III Jombang, Donny Erfantoro, S.Pd. (Chicil)


“Sekolah tinggal memberikan arahan dan bimbingan saja. Sebab, sudah memiliki modal yang terbilang dahsyat. Kami tinggal mengasahnya saja,” jelas Donny Erfantoro.

Sewaktu ditanya harapannya, Evania Aretta Fitri Rosyidi mengatakan ingin terus mengukir berprestasi. Oleh sebab itu belajar seolah sudah menjadi bagian dari dirinya. Selain itu juga berkehendak menjadi pribadi dengan karakter yang baik bagi masyarakat.

Reporter/Foto: Chicilia Risca Y./Istimewa

Lebih baru Lebih lama