Ilustrasi seseorang membaca buku dengan rak buku tertata rapi dibelakangnya. (ist)

NASIONAL - Di era serba digital ini, bukan berarti kita harus melupakan buku sebagai salah satu sumber informasi yang terpercaya. Masih banyak orang yang punya koleksi buku di rumah mereka meski selalu mencari informasi lewat media digital.

Di masa pandemi ini, mereka yang lebih banyak berada di rumah tentu punya waktu lebih untuk menengok kembali koleksi buku-buku mereka. Tak hanya untuk dibaca dan disimpan, jangan lupa untuk merapikan tumpukan buku di meja belajar atau di rak.

Bagi pencinta buku ataupun kolektor pastinya koleksi buku yang telah lama dimiliki ingin tetap terjaga dan terawat. Dengan begitu Anda bisa membacanya sampai kapan pun atau mungkin diberikan kepada anggota keluarga lainnya. Jangan sampai buku lama yang punya cerita dan sejarah menarik rusak dimakan rayap dan tikus atau jadi sarang semut saja.

Saat kita sibuk dengan beragam kegiatan di luar rumah, kita kerap abai dengan koleksi buku kita. Namun saat Anda harus lebih banyak berada di rumah seperti di masa pandemi ini, ingatlah untuk selalu membersihkan rak buku.

Anda perlu rutin merawat dan membersihkan tumpukan buku dan memeriksanya satu persatu secara rutin agar koleksi buku tetap bertahan lama. Jika Anda masih bingung mau mulai dari mana, Anda bisa menyimak tips berikut ini. Dikutip dari Times of India, ada enam cara yang dapat diterapkan dalam merawat dan merapikan buku.

Simpan di Tempat Aman
Meletakan rak buku dalam tempat yang aman sangat penting, apalagi jika Anda punya hewan peliharaan ataupun anak kecil di rumah. Dengan melakukan cara ini, Anda bisa menghindari buku koleksi dirusak hewan peliharaan ataupun buah hati yang masih kecil di rumah. Anda bisa menyusun buku di lemari atau rak bagian tengah dan atas agar lebih aman dari jangkauan anak-anak dan lebih mudah memeriksa koleksi buku.

Baca Juga: Abdul Hakim Juara yang Belajar dari Pengalaman

Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung
Paparan sinar matahari langsung tidak baik untuk buku. Jika rak buku mendapatkan paparan sinar matahari langsung, buku yang Anda simpan bisa berubah warna menjadi kuning dan rusak. Menggunakan lampu sebagai alat penerangan tetap jadi pilihan terbaik. Kalau pun ingin tetap ada paparan sinar matahari di ruangan, usahakan jangan sampai terkena koleksi buku-buku Anda.

Bersihkan Tangan Sebelum Membaca
Di masa pandemi ini, mencuci atau membersihkan tangan harus sering kita lakukan. Begitu pula saat akan memegang atau membaca buku. Selain menghindari dari penularan penyakit, dengan mencuci tangan membuat tangan kita terbebas dari kotoran. Sebab, jika tangan kotor saat merapikan buku-buku bisa saja kotoran yang menempel pada tangan bisa meninggalkan bekas pada buku.

Gunakan Pembatas Buku
Kalau biasanya Anda suka menandai bagian buku yang sedang dibaca dengan melipatnya, jauhkan kebiasaan itu. Gunakan pembatas buku,untuk memberikan tanda sampai dimana Anda terakhir. Selain lebih mudah membuka halaman buku yang ditandai, hal itu juga membuat buku yang Anda miliki tidak cepat rusak.

Jangan Dicoret
Terkadang, ketika sedang membaca sebuah buku, kita menemukan sesuatu hal atau kalimat bagus dengan mencoretnya sebagai tanda. Sebaiknya, jangan lakukan itu lagi. Jangan langsung mencoretnya di buku itu. Anda dapat mencatat bagian penting tersebut pada buku catatan lain agar tidak mengotori buku koleksi Anda.

Rutin Membersihkan Rak Buku
Yang terakhir dan jangan pernah dilupakan, bersihkan rak buku secara rutin. Misalnya, satu kali dalam sebulan. Dengan cara tersebut, Anda juga dapat membuat buku-buku selalu bersih dan bertahan lebih lama.

Saat kita sibuk dengan beragam kegiatan di luar rumah, kita kerap abai dengan koleksi buku kita. Namun saat Anda harus lebih banyak berada di rumah seperti di masa pandemi ini, ingatlah untuk selalu membersihkan rak buku.

Sumber/Rewrite: liputan6.com/Tiyas Aprilia
Lebih baru Lebih lama