Suasana pelaksanaan kegiatan sesuai protokol kesehatan. (Chicil)


TEMBELANG – Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Kabupaten Jombang menyelenggarakan pertemuan rutin yang dikemas dalam Halalbihalal di Rumah Makan Yusro Tembelang, Selasa (8/6). Selain kehadiran para pengurus Himpaudi kabupaten dan kecamatan, Nampak pula undangan dari rekananserta mitra.

Ketua Himpaudi Kabupaten Jombang, Tita Aniqohwardani, S.Pd. menyampaikan bahwa pertemuan ini selain sebagai ajang silahturahmi, juga menjalin komunikasi lanjutan pada kesiapan administrasi jelang akreditasi lembaga tahun 2021. Berdasarkan ketentuan yang bergulir pada akreditasi lembaga tahun 2021, kuota yang diberikan berubah dari tahun sebelumnya.

Terdapat pengurangan jumlah lembaga yang diterima dalam pengajuan akreditasi. Keterbatasan kuota ini harus segera disikapi oleh lembaga. Artinya lembaga yang sudah memenuhi ketentuan secara administrasi, akan segera mengikuti proses akreditasi dari pusat dengan gratis.

“Pengakuan akreditasi lembaga sangatlah penting sebagai syarat penunjang setiap satuan pendidikan Kelompok Bermain (KB) dalam memperoleh beragam jenis bantuan dari pemerintah. Standar tersebut sudah menjadi acuan baku dari setiap pengajuan atau penerima bantuan apapun dari pemerintah. Sehingga hal tersebut menjadi kesempatan emas dalam meningkatkan kualitas lembaga,” ujar perempuan yang sering dipanggil Tita tersebut.

Keterbatasan perjumpaan dalam organisasi justru semakin meningkatkan kualitas komunikasi kami melalui grup di jejaring percakapan online. Intensitas koordinasi kami berjalan dengan baik dan terstruktur sesuai dengan tupoksi masing-masing anggota.

Tita Aniqohwardani menambahkan, bantuan dari pemerintah dapat diterima jika lembaga tersebut sudah memiliki nilai akreditasi minimal B. Sehingga upaya untuk menjadikan lebih baik penilaian akreditasi, setiap lembaga dengan sigap melengkapi kebutuhan dari persyaratan umum dan khusus.

Hadirnya Himpaudi Kabupaten Jombang selain sebagai kepanjangan tangan Disdikbud Kabupaten Jombang pada program Kemendikbud RI melalui sosialisasi, juga turut mendampingi setiap langkah dan proses lembaga meningkatkan mutu pendidikan.

Baca Juga: Pendidik Wajib Bijak Bersosial Media

Perempuan berhijab tersebut berharap, “Sinergitas ini merupakan sumbangsih bergerak bersama, dari kita dan untuk kita. Sehingga setiap tahun terdapat peningkatan jumlah lembaga yang mendapat penilaian akreditasi minimal B. Berangsur-angsur lembaga KB secara administrasi menjadi lengkap dan memudahkan dalam jejak pengembangan pendidikan yang optimal bagi anak didik.”

Pengurus Himpaudi Kabupaten Jombang yang juga sebagai pelaksana acara Halalbihalal 2021, Noviana Andriyani menyatakan, rangkaian kegiatan ini dikemas dengan nyaman dan kondusif sesuai protokol kesehatan. Selain itu juga sebagai kesempatan baik dalam menjembatani komunikasi dalam koordinasi organisasi yang selama ini dilaksanakan secara daring di grup media sosial.

“Keterbatasan perjumpaan dalam organisasi justru semakin meningkatkan kualitas komunikasi kami melalui grup di jejaring percakapan online. Intensitas koordinasi kami berjalan dengan baik dan terstruktur sesuai dengan tupoksi masing-masing anggota. Sehingga memudahkan dalam mendukung persiapan akreditasi lembaga di setiap kecamatan,” jelas Noviana Andriyani.

Pertemuan kali ini, lanjut Noviana, juga sebagai penghubung yang menfasilitasi informasi terbaru dengan keadaan di setiap lembaga yang segera disikapi jelang persiapan akreditasi. Arahannya menjadi lebih nyaman karena segera mendapatkan solusi dengan adanya diskusi dan hasilnya disepakti bersama.

Reporter/Foto: Chicilia Risca Y.

Lebih baru Lebih lama