Kegiatan ujian peserta didik kelas VI SDN Jombang I. (Chicil)


JOMBANG – Kedekatan yang terbangun antara guru dan peserta didik akan memberikan dampak besar terhadap keberhasilan belajar. Itu juga yang dirasakan SDN Jombang I ketika membangun kebiasaan mengunjungi peserta didik di rumahnya. Entah itu sekedar menjalin silahturahmi dengan wali peserta didik ataupun ingin mengetahui keselarasan hasil belajar di sekolah serta di lingkungan sosialnya.

Terlebih saat pembelajaran berlangsung di rumah, kehadiran guru di tengah-tengah mereka akan sangat membantu. Dari berkonsultasi kesulitan yang dihadapi ketika pembelajaran berlangsung secara virtual, maupun membantu pemahaman materi yang agaknya sukar dimengerti.

Dikatakan oleh Plt. Kepala SDN Jombang I, Sukardi, S.Pd. selalu menyempatkan melakukan kunjungan atau home visit ke rumah peserta didik paling tidak sepekan sekali. Tujuannya, membangun kedekatan antar guru dan peserta didik. Dengan begitu guru mengetahui kondisi sebenarnya peserta didik selagi di rumah, sehingga dapat memilih metode yang tepat ketika belajar di sekolah.

Baca Juga: SDN Mentaos Gudo Belajar Sampai Tuntas

“Tidak banyak peserta didik di sini. Pada setiap kelasnya tak sampai 25 anak. Jadi sangat memungkinkan melakukan kunjungan. Terlebih saat pembelajaran berlangsung di rumah, kehadiran guru di tengah-tengah mereka akan sangat membantu. Dari berkonsultasi kesulitan yang dihadapi ketika pembelajaran berlangsung secara virtual, maupun membantu pemahaman materi yang agaknya sukar dimengerti,” ungkap Sukardi.

Plt Kepala SDN Jombang I, Sukardi, S.Pd. (Chicil)

Secara mandiri akhirnya peserta didik terpantik untuk lebih disiplin. Utamanya dalam mengerjakan tugas yang telah diberikan oleh guru. Mereka ada ketidakenakan ketika guru berkunjung tetapi tugasnya belum rampung. Perlahan namun pasti akhirnya menjadikan peserta didik lebih disiplin dan memahami tanggungjawabnya.

Guru Kelas II, SDN Jombang I, Yeti Setyorini Febrianingsih, S.Pd. (Chicil)

Guru Kelas II, SDN Jombang I, Yeti Setyorini Febrianingsih, S.Pd. pun merasakan sendiri hal itu. Adanya kunjungan ke rumah peserta didik menjadikan kedekatan dan komunikais berjalan apik. Peserta didik sering diajak diskusi tentang bermacam hal. Baik soal materi pembelajaran hingga kepada soal harapannya kedepan.

Foto bersama Plt Kepala dan Guru SDN Jombang I. (Chicil)

Dijabarkan oleh Yeti Setyorini Febrianingsih, “Jadinya seolah belajar kelompok. Peserta didik lebih dapat terbuka mengemukakan pendapatnya. Demikian juga masukan dari wali peserta didik akan dijembatani. Wali peserta didik SDN Jombang I kebanyakaan bekerja di pabrik dan pedagang di Pasar Citra Niaga.”

Reporter/Foto: Chicilia Risca Y.

Prestasi:

a. Juara I Tunggal Putri Junior Pekan Olahraga FOPI Kabupaten Jombang 2018

b. Juara II Lomba Kader Tiwisada Kecamatan Jombang 2018

Lebih baru Lebih lama