Jajaran guru SDN Kepuhkajang II Perak, saat ditemui di kantornya. (donny)


PERAK – Prestasi yang diraih peserta didik di sekolah, tentu tidak terlepas dari dukungan para guru maupun wali peserta didik. Mengingat guru adalah orang tua kedua bagi peserta didik ketika berada di sekolah yang secara tidak langsung turut bertanggung jawab atas segala hal berkenaan dengan pengembangan bakat minat mereka.

Menyadari akan pentingnya tanggung jawab profesi seorang guru, SDN Kepuhkajang II Perak, senantiasa mengedepankan komunikasi efektif antar guru dalam upaya pembinaan bakat minat peserta didik di bidang olahraga. Meski tidak semua guru memiliki keahlian yang sama, namun dengan komitmen kerja yang berlandaskan visi misi sekolah, raihan prestasi peserta didik menjadi pembuktian nyata.

Kepala SDN Kepuhkajang II Perak, Yaka Setyo Wasono, S.Pd, M.M.Pd. menerangkan, “Secara khusus, bakat minat peserta didik kami di sini mayoritas di bidang non-akademik yakni olahraga. Maka dari itu selaku jajaran guru kami sejak periode tahun 2009, bersama Pak Fadloli mantan pengampu Mata Pelajaran (Mapel) Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (Penjaskes), melakukan pembinaan yang intensif bagi peserta didik. Mulai dari voli sampai bidang atletik lainnya, seperti lari.”

Komitmen memang menjadi kunci bagi guru untuk mencetak keberhasilan peserta didik dalam meraih prestasi. Metode yang diterapkan memang sederhana yakni dengan bimbingan intens.

Hasilnya pun cukup memuaskan, kurun pada periode sebelum pandemi, tepatnya di Tahun Pelajaran (Tapel) 2019/2020, nama SDN Kepuhkajang II Perak cukup diperhitungkan di gelanggang Olimpiade Sains Nasional (O2SN) di Cabang Olahraga Kids Atletik Putri, jenjang SD Kabupaten Jombang.

Tercatat, Amelia Putri Refalinda berhasil meraih Juara Harapan III. Tentu capaian ini, tidak berhasil dalam waktu sekejap. Melainkan membutuhkan waktu sekaligus komitmen seluruh elemen guru, untuk saling bahu membahu demi mengharumkan nama SDN Kepuhkajang II Perak.

Baca Juga: Evania Aretta Fitri Rosyidi Matematika Itu Tantangan

“Komitmen memang menjadi kunci bagi guru untuk mencetak keberhasilan peserta didik dalam meraih sebuah prestasi. Metode yang kami terapkan memang sederhana yakni dengan bimbingan intens bagi kelas IV-VI yang dipilih melalui keaktifan dan nilai mapel Penjaskes. Dari masing-masing kelas akan dipilih 4-5 peserta didik yang disiapkan khusus untuk mengikuti kejuaraan baik tingkat kecamatan maupun kabupaten,” ujarnya.
Kepala SDN Kepuhkajang II Perak, Yaka Setyo Wasono, S.Pd, M.M.Pd. saat ditemui di ruangannya. (donny)

“Pembinaannya dilaksanakan di luar jam sekolah, jadi tidak sampai menggangu konsentrasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. Walaupun demikian tidak menutup kemungkinan porsi pembinaan juga kita tambah, ketika memasuki fase tiga bulan sebelum kejuaraan dilaksanakan. Tujuannya agar persiapan peserta didik sudah matang seluruhnya,” sambung Yaka Setyo Wasono.

Guru Kelas I, SDN Kepukajang II Perak, Suryaningsih Dwi Ratnawati, S.Pd, SD. menerangkan bahwa ada keunikan tersendiri dalam proses pembinaan yang dilakukan oleh para guru. Biarpun berganti guru mapelnya, namun prestasi yang diraih terbilang masih cukup banyak.
Beberapa piagam penghargaan bidang Olahraga yang diraih oleh peserta didik SDN Kepuhkajang II Perak. (donny)

“Di tingkat Kecamatan Perak banyak menyabet gelar di cabang atletik saat perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75. Ini membuktikan bahwa, komitmen dan kerja sama antar guru menjadi kunci bagi sekolah, untuk bisa mencetak peserta didik berprestasi,” terang Suryaningsih Dwi Ratnawati.

Reporter/Foto: Donny Darmawan

Profil SDN Kepuhkajang II Perak

a. Tahun Berdiri : 1977

b. Akreditasi : A

c. Jumlah Guru : 12 Guru

d. Jumlah Peserta Didik : 134 Peserta Didik

e. Prestasi Unggulan : Bola Voli dan Atletik

f. Catatan Prestasi :

1. Juara Harapan III Tingkat Kabupaten Jombang Cabang Atletik Putri Tahun 2019.

2. Juara II Lompat Jauh Putri Tingkat Kecamatan Perak Tahun 2018

Lebih baru Lebih lama