Kegiatan parenting Offline. (ist)


PLOSO – Walaupun belum ada kepastian kapan dimulainya pembelajaran tatap muka di jenjang pendidikan PAUD, namun semangat dari TK IT Robbani Ploso dalam memberikan pembelajaran model daring kepada anak didiknya tak pernah kendur. Para guru tetap berupaya sebaik mungkin dalam mengemasnya. Tujuannya, agar anak didik tidak merasakan ada perbedaan yang signifikan dengan pembelajaran tatap muka.

Dikatakan oleh Kepala TK IT Robbani Ploso, Siti Nurrohmawati, S.Pd, dalam setiap kesempatan guru berupaya sebaik mungkin dalam menciptakan pembelajaran menyenangkan. Semua dikoneksikan dengan anak didik, wali anak didik, serta lingkungan sekitarnya. Lantaran dalam pembelajaran daring, kesatuan kerja sama antar lini sangat berperan guna menunjang keberhasilan.

Menariknya, materi parenting tidaklah hanya dari guru atau Kepala TK IT Robbani Ploso. Melainkan bisa melalui narasumber lain yang memiliki pengalaman dalam dunia anak.

“Guru tak ragu membuat contoh dahulu sebagai stimulus. Misalnya dalam pembelajaran senam. Kemudian anak didik menirukannya dengan direkam, lalu dikirimkan kembali kepada guru. Sementara itu pihak sekolah akan mempublikasikannya di seluruh platform sosial media TK IT Roabbani Ploso. Dari situlah anak didik tidak merasakan ada jarak saat pembelajaran, karena dapat melihat juga wajah guru hingga teman sebayanya,” terang Siti Nurrohmawati.

Baca Juga: STEAM: Membaca Kebutuhan Anak Didik Abad 21

Siti menabahkan bahwasannya 75% pembelajaran daring yang berlangsung di TK IT Robbani Ploso berhasil. Peran serta paguyuban wali anak didik juga sangat besar. Hal itu dikarenakan kemauan wali peserta didik dalam mempelajari model pembelajaran daring yang kemudian diaplikasikan kepada buah hatinya.

“Melaksanakan pembelajaran daring memang tidaklah semudah dibayangkan. Butuh proses dan penyesuaian. Adanya bantuan dari wali anak didik semakin memperlancar karena bisa memberikan penguatan secara langsung,” ujar Situ Nurrohmawati menuturkan.

Kegiatan Parenting Online.(ist)

Menariknya, materi parenting tidaklah hanya dari guru atau Kepala TK IT Robbani Ploso. Melainkan bisa melalui narasumber lain yang memiliki pengalaman dalam dunia anak. Narasumber tersebut disediakan melalui kanal YouTube TK IT Robbani Ploso. Disebabkan masih pandemi, semua dilakukan secara daring sebatas dari balik layar telepon genggam.

Kepala TK IT Robbani Ploso, Siti Nurrohmawati, SPd. (Rabithah)

Mengingat sangat pentingnya peran wali anak didik, sedari awal masuk ke TK IT Robbani Ploso sudah dipupuk kedekatan dengan pihak sekolah. Baik dari penyampaian progres pendidikan anak didik hingga melakukan aksi sosial bersama saat ada bencana alam di sekitaran Kota Santri.

Kepala TK dan guru pengajar. (ist)

“Ramadan pun menjadi momentum berharga membangun lebih apik lagi hubungan tersebut. Baik dari berzakat hingga pembagian kepada yang berhak dilakukan bersama. Hal itu juga bisa menjadi modal pembelajaran karakter untuk anak didik di rumah,” tutup Siti Nurrohmawati.

Reporter/Foto: Rabithah Maha Sukma/Istimewa

Lebih baru Lebih lama