Instruktur Lab IPA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang, Samsul Ma’arif, S.Pd., M.Pd saat memberikan materi. (ist)


MOJOAGUNG – Kelompok Kerja Guru (KKG) IPA Kecamatan Mojoagung menggelar pelatihan meramu materi pembelajaran yang menarik dan mudah. Hal ini dilakukan mengingat pembelajaran daring (dalam jaringan) masih diterapkan pada tahun pelajaran baru.

Diikuti sekitar 39 guru, pelatihan yang berlangsung pada 28 hingga 30 Juni di SDN Mojotrisno Kecamatan Mojoagung ini berjalan lancer. Sudah begitu, antusias peserta cukup tinggi. Narasumber dalam pelatihan tersebut adalah Instruktur Lab IPA Jombang Syamsul Ma’arif, S.Pd., M.Pd.

Baca Juga: Sekolah Inklusi: Merayakan Keunikan Setiap Anak

Dia mengatakan bahwa pembelajaran IPA tetap sangat menyenangkan walaupun dilakukan secara daring. Ketika praktikum pun dapat dilakukan oleh peserta didik sendiri, juga dapat dilakukan dengan pengawasan guru serta kelengkapan alat yang memadai.

Dalam pelatihan itu, materi yang diberikan menyesuaikan dengan K13. Peserta pelatihan juga melakukan praktik langsung. Diantaranya adalah reaksi kimia, asam-basa, uji zat aditif pada makanan, variasi pada manusia, mikroskop, dan masih banyak lainnya. Harapannya, materi-materi tersebut dapat dipraktikan sendiri oleh guru bersama peserta didiknya ketika pembelajara IPA berlangsung.

Reporter/Foto: Rabithah Maha Sukma

Lebih baru Lebih lama