Infografis Rapat Koordinasi dan Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan. (Humas KPU)

JOMBANG – Biarpun Pemilihan Umum (Pemilu) serentak bakal digelar pada 2024, Komisi Pemilihan Umum atau KPU Kabupaten Jombang menyatakan telah siap melaksanakan dan menyukseskan perhelatan pesta demokrasi tersebut.

Hal itu disampaikan oleh Ketua KPU Kabupaten Jombang, Athoillah dalam sebuah talkshow mengusung tema “Menakar Kesiapan KPU Kabupaten Jombang Menghadapi Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024” di Radio Suara Jombang FM pada Jumat (25/6). Lelaki yang biasanya disapa Mas Atok ini mengungkapkan bahwa meskipun tahapan pemilu dan pemilih belum ditetapkan, namun jauh hari pelabagai persiapan telah dilakukan sehingga dapat mengukur kesiapannya dari sekarang.

Kesiapan yang dimaksudkan diantranya dari penyusunan anggaran, SDM penyelenggara, mitigasi risiko, simulasi penyederhanaan tahapan, dan komunikasi intensif bersama stakeholder sekaligus pemangku kepentingan lainnya.

“Nantinya baik Pemilu maupun Pemilihan Serentak akan dilakukan pada tahun 2024, namun tidak di hari yang sama. Pemilu yang akan memilih Presiden, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD kabupaten/kota berlangsung pada Pebruari 2024. Sedangkan untuk pemilihan kepala daerah mulai dari gubernur, bupati, serta wali kota dilaksanakan Nopember 2024. Hal itu merupakan hasil dari konsinyering penyelenggara Pemilu dan Komisi II DPR RI di Jakarta,” terang Athoillah.

Lebih lanjut Athoillah menyampaikan bahwa nantinya ada irisan di tahapan pelaksanaan sesuai dengan desain Pemilu Serentak yang mengacu pada Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu dan Undang-undang Nomor 10 Tahun 2016 Tentang Pilkada. Dalam irisan tersebut tampaknya lebih tebal, oleh karenanya sedini mungkin beberapa poin penting disiapkan agar mampu terlaksana sebaik mungkin di Pemilu maupun Pemilihan Serentak Tahun 2024.

Baca Juga: Loss Doll

Athoillah mengungkapkan, “Kesiapan yang dimaksudkan diantranya dari penyusunan anggaran, SDM penyelenggara, mitigasi risiko, simulasi penyederhanaan tahapan, dan komunikasi intensif bersama stakeholder sekaligus pemangku kepentingan lainnya.”

Senyampang itu partisipasi masyarakat sangatlah dibutuhkan. Khususnya dalam memberikan masukan, saran, dan informasi terkait daftar pemilih. Maka dari itu dapat mendapatkan informasi terbaru seputar aktivitas KPU Kabupaten Jombang melalui laman resminya atau mengakses media sosialnya supaya memperoleh informasi akurat, terpercaya, dan terbaru.

Reporter/Foto: Humas KPU

Lebih baru Lebih lama