Serangkaian kegiatan Dewan Pendidikan Jombang. (ist)


JOMBANG – Bagi kalangan civitas akademik di Jombang, jelas tidaklah asing dengan keberadaan Dewan Pendidikan. Tetapi berbeda untuk mereka yang tak berkecimpung langsung di belantara pendidikan Kota Seribu Pesantren. Boleh jadi tidak mengenal bahkan tak tahu sama sekali tentang lembaga yang menjadi kepanjangan tangan serta rekan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang ini.

Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Jombang, Drs. Ghufron, M.Si. menjelaskan bahwa lembaga yang dipimpinnya ini bersifat mandiri. Dalam artian hirarkinya tak memiliki korespondensi langsung dengan lembaga pemerintahan maupun satuan pendidikan. Selain mengevaluasi dan memberikan rekomendasi atas proses jalannya pendidikan di Jombang, Dewan Pendidikan Kabupaten Jombang membangun visi kedepan yang lebih baik.

Keberadaan Dewan Pendidikan Kabupaten Jombang di tengah laju aktivitas pendidikan harus di sambut gembira. Selain mampu memberikan kontribusi positif seperti menguatkan sejumlah sektor yang cukup variabel dalam ranah pendidikan. Tentunya dapat mempersembahkan rekomendasi atas program-program pendidikan yang telah berjalan.

“Serangkaian sinergi dilakukan oleh Dewan Pendidikan Kabupaten Jombang. Dari manajemen pendidikan bersama dengan komite sekolah hingga menyusun program-program inovatif yang dapat diterapkan,” tutur Ghufron.

Baca Juga: Cara Orangtua Membantu Buah Hati yang Gagap

Sedangkan pada tahun 2021, Dewan Pendidikan Kabupaten Jombang memiliki sejumlah program yang diharapkan mampu berjalan serta memberikan sumbangsih untuk kemajuan pendidikan di Jombang secara umum. Mulai monitoring serangkaian kegiatan yang sudah berlangsung hingga saat ini juga akan menyelenggarakan seminar implementasi peran dan fungsi komite sekolah. Sementara untuk jangka panjangnya, imbuh Ghufron. Menciptakan suasana dan kondisi transparan, akuntabel, demokratis, ditambah dengan pelayanan pendidikan yang bermutu.

Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Jombang, Drs. Ghufron, M.Si. (Chicil)

Dikonfirmasi di tempat terpisah, Sekretaris Dewan Pendidikan Kabupaten Jombang, Dr. Muhyidin Zainul Arifin, M.M. menerangkan bahwa kinerjanya saat ini lebih kepada membantu advokasi secara personal untuk lembaga atau satuan pendidikan yang sedang membutuhkan solusi sebagai alternatif kendala proses pendidikan selama pandemi. Seperti mengadakan pertemuan antara Disidikbud Kabupaten Jombang, Kementerian Agama Kabupaten Jombang, Satuan Polisi Pamong Praja dengan kepala sekolah Se Kabupaten Jombang jenjang SD hingga SMP tentang penyesuaian perubahan model pendidikan.

Sekretaris Dewan Pendidikan Kabupaten Jombang, Dr. Muhyidin Zainul Arifin, M.M. (ist)

“Target utama selama masa jabatan kami, mengoptimalkan untuk turut serta membantu mencerdaskan bangsa melalui berbagai kegiatan yang direncanakan. Berharap serangkaian pendampingan dan sumbangsih gagasan dalam pelaksanaan pendidikan di Jombang secara maksimal berjalan dengan hasil capaian gemilang pada prestasi akademik dan non-akademik,” ungkap Muhyidin Zainul Arifin.

Reporter/Foto: Chicilia Risca Y./Istimewa

Lebih baru Lebih lama