Ilustrasi seseorang sedang menulis. (ist)


NASIONAL -
Banyaknya aktivitas seringkali membuat keteteran jika tidak diimbangi dengan manajemen waktu yang baik. Salah satu cara untuk mengatur waktu adalah membuat daftar kegiatan yang akan dilakukan.

Dosen Institut Pertanian Bogor atau IPB University, Megawati Simanjuntak mengatakan, membuat daftar kegiatan atau yang sering disebut to do list merupakan time management yang baik. Menurutnya, tips tersebut dapat meningkatkan produktivitas seseorang.

Megawati Simanjuntak melanjutkan banyak riset yang sudah dilakukan menunjukkan bahwa time management salah satunya dengan membuat to do list. Ini dapat meningkatkan produktivitas bagi profesional maupun aktivitas domestik sehari-hari di rumah.

Menyusun to do list dapat membuat kegiatan yang akan dilakukan lebih terencana, sehingga dapat terhindar dari kebiasaan menunda pekerjaan.

Dosen Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen ini mengatakan, to do list dapat mengurangi risiko stres dan menghindarkan diri dari kegiatan mendadak maupun tugas yang dikerjakan pada menit-menit akhir.

Dia menambahkan mengandalkan memori otak untuk menghafalkan aktivitas yang harus dilakukan dalam satu hari memang bisa saja dilakukan. Namun, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan to do list supaya dapat meningkatkan produktivitas dan mengurangi potensi lupa.

Baca Juga: Rangkaian Peristiwa Menjelang Kemerdekaan

Menyusun to do list dapat membuat kegiatan yang akan dilakukan lebih terencana, sehingga dapat terhindar dari kebiasaan menunda pekerjaan. Megawati Simanjuntak menjelaskan, perencanaan waktu yang baik, dapat membantu menyelesaikan pekerjaan dengan lebih efisien dan membantu mencapai tujuan yang ditetapkan. To do list juga membantu mengurangi beban yang bertumpuk di kepala.

Tips Menyusun To Do List

Peraih dosen berprestasi tingkat nasional ini menyampaikan, to do list dapat disusun dalam buku catatan atau aplikasi yang tersedia pada smartphone. Pemakaian ini menyesuaikan kenyamanan individu masing-masing. Berikut tipsnya:

Siapkan Waktu Khusus untuk Membuat perencanaan

Megawati Simanjuntak menyarankan supaya menyediakan waktu satu hari sebelumnya untuk menyusun to do list. Misalnya, saat malam hari sebelum tidur.

Buat Daftar Aktivitas yang Harus Dilakukan

Dosen Institut Pertanian Bogor juga menyarankan agar membuat daftar aktivitas yang harus dilakukan. Jika ada jadwal yang harus diikuti, maka dapat mencantumkan waktu dan lokasinya.

Beri Warna pada Setiap Kegiatan


Supaya to do list semakin menarik, dapat menambahkan penanda berwarna-warni. Selain itu, warna yang digunakan juga bisa membedakan tingkat skala prioritas antara satu aktivitas dengan aktivitas yang lain.

Dia mencontohkan seperti, warna merah digunakan untuk aktivitas prioritas yang harus diselesaikan hari ini. Kuning untuk aktivitas penting namun tidak harus diselesaikan hari ini. Sedangkan aktivitas tanpa warna menunjukkan bahwa aktivitas tersebut bukanlah prioritas sehingga dapat dimundurkan waktu penyelesaiannya.

Beri Tanda Ceklis Setelah Menyelesaikan Setiap Aktivitas

Perlu memberikan ceklis setiap kali menyelesaikan satu pekerjaan. Hal tersebut dilakukan agar dapat diketahui mana aktivitas yang sudah dan belum dikerjakan.

Evaluasi

Setelah selesai beraktivitas seharian, dosen Institut Pertanian Bogor itu menyarankan supaya menyempatkan diri untuk mengevaluasi capaian to do list.

Manajemen waktu dengan metode to do list memerlukan komitmen dan tanggung jawab dari masing-masing individu. Dosen Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen ini berpesan agar mendorong diri sendiri untuk mengikuti apa yang telah disusun. Tanamkan pada diri sendiri untuk melaksanakan list kegiatan yang sudah dibuat, kecuali jika ada keadaan darurat dan harus menggeser agenda yang sudah ditetapkan.

Sumber/Rewrite: detik.com/Tiyas Aprilia

Lebih baru Lebih lama