Aisya Asma’ Nabila, bersama Kepala SDN Dukuharum Megaluh, Wasis Mulyadi, S.Pd. (Rabithah)


MEGALUH – Rona bahagia tergambar dari wajah Juara Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Kabupaten Jombang, Kategori Seni Kriya Anyam, Jenjang SD, Aisya Asma’ Nabila ketika Majalah Suara Pendidikan ke sekolahnya di SDN Dukuharum Megaluh. Menurut gadis 12 tahun ini, walau persiapan yang dia lakukan saat bersaing di FLS2N tak membuatnya patah arang. Sebaliknya semangat semakin berkobar guna membuktikan diri.

“Hanya lima hari saja persiapannya. Memanfaatkan waktu pagi dan sore untuk berlatih bersama guru agar kian mahir merangkai untaian koran menjadi tas jinjing perempuan. Selain itu ada penguatan kepribadian supaya lebih memiliki kepercayaan diri dan tak sampai down,” ungkap Aisya Asma’ Nabila.

Tak sulit juga bagi Aisya Asma’ Nabila ketika mengikuti FLS2N Kategori Seni Kriya Anyam. Sebelumnya sudah diakuinya sangat menyukai mata pelajaran kesenian. Ditambah sering melihat ibunya yang berprofesi sebagai penjahit rumahan ketika mengerjakan pesanan. Membuatnya sedikit banyak ikut larut pula menggemarinya.

Bersaing dalam ajang FLS2N tak menjadikan sosok Aisya Asma’ Nabila berkecil hati meskipun dari pinggiran Kota Santri. Dia semakin termotivasi menggapai prestasi demi menuju mimpinya kelak saat masuk ke jenjang SMP. Bermodalkan kecintaannya terhadap dunia kesenian dan pengalaman kesehariannya, membuatnya makin yakin bersaing dan meraih juara.

Aisya Asma’ Nabila mengatakan, “Kekhawatiran saya saat ini perihal alat. Sebab dalam FLS2N di tingkat Kabupaten Jombang menggunakan koran sebagai bahan dasarnya, sementara di tingkat Provinsi Jawa Timur adalah kain perca. Sehingga dibutuhkan alat penunjang tatkala mengerjakannya. Demikian dengan mengasah teknik yang baru lagi.”

Baca Juga: 2021 Rehabilitasi 38 Sekolah Dasar

Perempuan berhijab ini pun berharap dengan segenap prestasi yang mampu diraihnya. Ke depan akan membantunya masuk ke SMP Negeri di kawasan kota Jombang yang telah diidamkan.

Juara I Lomba Seni Kriya Anyam FLS2N Jenjang SD Kabupaten Jombang Tahun 2021, Aisya Asma’ Nabila. (Rabithah)

Kepala SDN Dukuharum Megaluh, Wasis Mulyadi, S.Pd. mengisahkan awalnya menerima mandat dari Wilayah Kerja Pendidikan (Wilkerdik) Kecamatan Megaluh sebagai delegasi dalam FLS2N. Pada bidang Seni Kriya Anyam pilihan jatuh kepada Aisya Asma’ Nabila karena dinilai mempunyai ketekunan lebih serta cukup mumpuni mengarunginya.

“Apalagi guru kelasnya pun menuturkan nilai kesenian Aisya Asma’ Nabila paling tinggi di kelas. Membuat saya semakin meyakini bilamana Aisya Asma’ Nabila mampu merengkuh tanggung jawab ini,” tutup Wasis Mulyadi.

Reporter/Foto: Rabithah Maha Sukma

Lebih baru Lebih lama