Penampilan banjari peserta didik SDN Karangpakis II Kabuh. (ist)


KABUH – Menunaikan kegiatan ekstrakurikuler memberikan banyak sekali keuntungan disuatu satuan pendidikan. Selain tentunya mengarahkan bakat serta minat peserta didik, tentunya juga menempa karakter hingga mempersiapkan masa akan datang dengan keterampilan maupun keahlian yang dimiliki.

Guru Kelas VI, SDN Karangpakis II Kabuh, Desyana Reskyanti Martono, S.Pd, menjelaskan bahwa idealnya kegiatan ekstrakurikuler diikuti oleh peserta didik dari kelas II hingga V. Pertimbangannya para peserta didik kelas I masih difokuskan untuk adaptasi mental terkait berbagai hal. Misalnya pelaksanaan program Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dan penguatan Baca Tulis Hitung (Calistung). Sedangkan untuk peserta didik kelas VI akan mempersiapkan berbagai macam ujian hingga perencanaan akademis menuju sekolah jenjang selanjutnya.

Setiap peserta didik pastinya memiliki keahliannya masing-masing. Jika dibiarkan begitu saja pastinya akan hilang dan tak dapat menjadi sebuah medium dalam meraih sesuatu yang membanggakan. Sebaliknya, sekiranya diidentifikasi kemudian diasah dengan bak. Sangat memungkinkan dalam meraih prestasi dan membekali peserta didik kedepannya.

“Jika peserta didik sudah memilih ekstrakurikuler yang diminatinya, kemudian kami akan menyediakan pelatih berpengalaman guna mengasahnya. Kalaupun ada sebuah kompetisi yang sangat dijangkau untuk diikuti, bukan tidak mungkin peserta didik akan bersaing di angsana dan membuktikan hasil latihannya selama ini,” ujar Desyana Reskyanti Martono.

Baca Juga: SDN Karanglo Mojowarno Deteksi Karakter Sangat Berkhasiat

Kepala SDN Karangpakis II Kabuh, Budiono, S.Pd. menyampaikan bahwa kegiatan ekstrakurikuler Pramuka wajib diikuti oleh seluruh tingkatan kelas dan dilaksanakan setiap hari Sabtu. Sedangkan ekstrakurikuler pilihan diantaranya adalah tari tradisional, banjari, atletik, kesenian melukis, dan voli telah disediakan waktu khusus menyesuaikan jadwal dari masing-masing pelatihnya.

Kepala SDN Karangpakis II Kabuh, Budiono, S.Pd. (Rabithah)

Budiono pun mengaku sangat bangga, “Hal itu karena tidak terputusnya ikatan para guru yang telah purna. Sebab, mengawali ekstrakurikuler banjari itu tak lepas dari sumbangan seperangkat alatnya oleh mereka. Benar saja peminatnya sangat banyak sampai mampu membentuk dua grup sejumlah 20 peserta didik tiap gurpnya.”

Jajaran guru dan staf SDN Karangpakis II Kabuh. (ist)

Budiono menambahkan, grup banjari terdiri dari kelas IV dan V. Sementara jika ada peserta didik kelas II dan III yang bergabung, akan disiapkan untuk menggantikan kakak kelasnya yang akan naik tingkat nantinya.

Jajaran guru dan staf SDN Karangpakis II Kabuh. (ist)

Latihannya makin intensif andai menjelang pementasan, boleh saja tiap hari. Selain mengasah kemampuan setiap anggota grup banjari yang dinamai Nurul Mustafa tersebut, juga ingin membanggakan SDN Karangpakis II Kabuh sewaktu bersaing dalam perlombaan maupun menerima undangan dari luar.

Reporter/Foto: Rabithah Maha Sukma/Istimewa

PRESTASI SDN KARANGPAKIS II KABUH

1. Juara II Lomba Olimpiade Matematika Kecamatan Kabuh Tahun 2019

2. Juara III Lomba Melukis Kaligrafi Kecamatan Kabuh Tahun 2019

3. Juara II Lomba Lari 800m Putri Kecamatan Kabuh Tahun 2018

4. Juara III Lomba Lari 1 Km Putri Kecamatan Kabuh Tahun 2018

5. Juara III Lomba Atletik Putri Kecamatan Kabuh Tahun 2016

Lebih baru Lebih lama