Kegiatan sebelum pandemi. (ist)


JOMBANG – Satuan pendidikan memiliki tanggung jawab dalam penggalian dan pemetaan potensi peserta didik. Langkah ini merupakan salah satu upaya dalam pengembangan kemampuan peserta didik di luar bidang akademis. Meskipun masih menerapkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) tak menutup peluang dalam menyingkap potensi tersebut. Hal itulah yang dilakukan SMP Negeri 5 Jombang.

Wakil Kepala SMP Negeri 5 Jombang, Bidang Kesiswaan, Lilis Sulistyarini, S.Pd. mengatakan meski sekarang ini ekstrakurikuler ditiadakan sementara, namun dengan pola lain masih dapat mengetahui kapasitas peserta didik. Salah satunya dari pengumpulan tugas yang dilakukan rutin terhadap PJJ pada tiap mata pelajaran.

Meski dalam keadaan yang kurang sehat seperti sekarang ini, tidak boleh menelantarkan potensi peserta didik. Oleh karenanya, satuan pendidikan harus mampu memadukan penggalian potensi dengan pembelajaran agar dapat menemukan mutiara di tumpukan jerami.

“Sebelumnya telah berkoordinasi dengan guru mata pelajaran bersangkutan untuk menyelaraskan tugas yang diberikan, agar mampu membaca kemampuan peserta didik. Baik melalui gambar atau pun video. Ini merupakan langkah awal dalam mengidentifikasi potensi peserta didik,” jelas Lilis Sulistyarini.

Baca Juga: Pelajar Segera di Vaksin

Walau tidak sepenuhnya dapat memberikan kepastian, tetapi ini merupakan cara sederhana guna mengetahui. Kemudian baru dikuatkan dengan pelbagai latihan yang juga dapat dilakukan jarak jauh maupun secara langsung di sekolah. Sehingga kala ada perlombaan rutin, meski dalam kondisi seperti saat ini tetap mampu mempersiapkan dengan matang.

Wakil Kepala SMP Negeri 5 Jombang, Bidang Kurikulum, Indah Setyati, S.Pd. (Chicil)

Sementara dalam pembelajaran, SMP Negeri 5 Jombang mampu menyesuaikan dengan cepat. Selain didukung oleh Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni, juga fasilitas yang memadai. Sehingga dapat menunjang PJJ.

Wakil Kepala SMP Negeri 5 Jombang, Bidang Kesiswaan, Lilis Sulistyarini, S.Pd. (Chicil)

Satuan pendidikan yang dinahkodai Drs. Yuniardi Nurrohmad ini selalu menomorsatukan pelayanan pendidikan yang baik. Maka tak heran bila sekolah ini memiliki harapan yang besar dalam kompetensi secara akademis maupun sosialnya.

Regu PKS (Juara Harapan I Tahun 2018). (ist)

Wakil Kepala SMP Negeri 5 Jombang, Bidang Kurikulum, Indah Setyati, S.Pd. mengatakan, “Pihaknya selalu mengadakan evaluasi bertahap. Sekarang ini SMP Negeri 5 Jombang menyiapkan studio pembelajaran. Jadi semua guru dapat memproduksi buah pembelajaran di sana. Selanjutnya disampaikan ke peserta didik. Dengan demikian selain potensi tergali, pembelajaran pun dapat berjalan serasi.

Reporter/Foto: Chicilia Risca Y./Istimewa

Lebih baru Lebih lama