Kegiatan rutin di pondok sebelum pandemi. (ist)


DIWEK –
Tantangan dunia pendidikan kian meluas. Tidak sekadar mampu menumbuhkan kecakapan peserta didik dalam memahami pembelajaran serta menuai prestasi. Melainkan juga mesti mempersiapkan masa depannya yang tentunya sangat jauh berbeda dengan sekarang ini ketika peserta didik menempuh pendidikan. Oleh karena itu, kemampuan gurunya pun harus diperbarui supaya mampu menatap kebutuhan pendidikan kedepannya.

SMP Unggulan Al Madinah Diwek menyadari akan segenap perubahan yang terjadi. Untuk itu, lembaga ini tak segan memompa kapasitas gurunya agar mampu mendidik dengan visi ke depan yang jelas.

Keberadaan ilmu pengetahuan tidak hanya bersandar pada satu sumber. Banyak sumber lain yang menyediakannya, tetapi menggunakan bahasa asing. Mempelajari bahasa asing pun pada akhirnya menemukan manfaat yang besar dalam mendulang tafsiran pengetahuan tersebut.

Kepala SMP Unggulan Al Madinah Diwek, Masturirin, S.Pd. menuturkan, dalam pembelajaran kemampuan berbahasa sangat menunjang. Terlebih lagi jika sumber pengetahuan itu tidak saja dari Bangsa Indonesia. Melainkan serangkaian negara lain yang telah lama dikenal memiliki kemajuan pengetahuannya. Tatkala keterampilan berbahasanya sudah mumpuni maka mempermudah dalam memahaminya serta mengaplikasikannya.

Baca Juga: Cara Bantu Adaptasi Pelajar TK ke SD

“Diantaranya Bahasa Arab dan Inggris yang kami ajarkan. Maka gurunya pun terlebih dulu harus fasih dalam penggunaannya. Seiring dengan itu akan menjadi model teladan bagi peserta didik dalam mempelajarinya. Alhasil, juga mempermudah dalam mempraktikkan dengan teman sebayanya maupun gurunya sendiri,” terang Masturirin.

Kepala SMP Unggulan Al Madinah Diwek, Masturirin, S.Pd. (ist)

Bahkan SMP Unggulan Al Madinah Diwek sangat serius dalam menempa kemampuan berbahasa asing peserta didiknya. Betapa tidak, lembaga ini mendatangkan pengajar Bahasa Inggris dari Australia. Dijelaskan Wakil Kepala SMP Unggulan Al Madinah Diwek, Bidang Kesiswaan, Mia Nurmaningsih, S.Pd. selama satu bulan penuh peserta didik diajarkan penggunaan Bahasa Inggris baik di dalam pembelajaran maupun percakapan sehari-hari.

Wakil Kepala SMP Unggulan Al Madinah Diwek, Bidang Kurikulum, Ain Musyapa, S.Pd. (ist)

Mia Nurmaningsih mengatakan, “Penggunaan Bahasa Arab dan Inggris telah dijadwalkan dan menjadi kewajiban bagi seluruh civitas di SMP Unggulan Al Madinah Diwek untuk digunakan dalam komunikasi. Pada hari Rabu memakai Bahasa Arab, sedangkan di Sabtu memakai Bahasa Inggris.”

Wakil Kepala SMP Unggulan Al Madinah Diwek, Bidang Kesiswaan, Mia Nurmaningsih, S.Pd. (ist)

Selain itu diungkapkan oleh Wakil Kepala SMP Unggulan Al Madinah Diwek, Bidang Kurikulum, Ain Musyapa, S.Pd. bahwa keberhasilan dalam pembelajaran bahasa serta materi lainnya tak lepas dari efektivitas penyampaiannya. Jadi, penyajiannya dibuat semampat mungkin agar peserta didik mampu mencerna dengan baik namun simpel seraya tepat.

Kelas bahasa asing. (ist)

“Memang tidak mudah bagi guru dalam mengemasnya sedemikian rupa, tetapi adanya komunikasi dan diskusi antar rekan seprofesi membuatnya bukan sesuatu yang mustahil dilancarkan,” ujarnya.

Reporter/Foto: Chicilia Risca Y./Istimewa


DAFTAR PRESTASI SMP UNGGUKAN AL MADINAH DIWEK

a. Juara Harapan II Festival Islami ( Kaligrafi) tahun 2018

b. Juara I (Musabatul Hifdzil Qur’an) MHQ Competition Pare Kediri tahun 2020

c. Juara III (Musabatul Hifdzil Qur’an) MHQ Competition Pare Kediri tahun 2020

d. Juara III Speech Competition Pare Kediri tahun 2020

Lebih baru Lebih lama