Ilustrasi tanaman pengusir nyamuk.(ist)


NASIONAL - Pernah tidak peserta didik diganggu nyamuk saat sedang belajar? Nah, tanaman hias di bawah cocok jadi solusi tepat untuk mengusirnya. Peserta didik bisa tempatkan di kamar atau ruang belajar, lho.

Meski kamu bisa memakai produk pengusir nyamuk semprot atau elektrik, namun memakai tanaman hias lebih alami dan bisa membuat ruangan jadi terlihat lebih segar. Lantas apa saja tanaman hias pengusir nyamuk tersebut? Berikut beberapa tanaman hias pengusir nyamuk:

Lavender
Seperti yang diketahui, nyamuk tidak suka dengan aroma yang wangi. Kamu bisa mengusir nyamuk dengan menebarkan wangi yang berasal dari minyak atsiri pada daun tanaman lavender.

Tanaman ini sangat kuat dan tahan lama hanya saja dibutuhkan sinar matahari dan drainase yang baik. Selain itu, tanaman ini juga bisa bertahan di banyak iklim dan tumbuh subur di daerah yang lebih hangat. Kalian bisa menempatkan tanaman lavender berjajar di sebuah pot kecil dan memajangnya di ruang belajar atau kamar.

Peppermint
Mint bukan hanya tanaman hias yang bisa mengusir nyamuk namun juga lalat bahkan semut. Semakin tajam aroma tanaman mint maka semakin ampuh untuk mengusir nyamuk. Tanaman hias ini juga cocok diletakkan di dalam ruangan atau di kamar.

Rosemary
Tanaman hias pengusir nyamuk selanjutnya adalah Rosemary. Tanaman yang sering dijadikan bumbu masakan ini memiliki aroma kayu sehingga membuat nyamuk terbang.

New York Botanical Garden merekomendasikan Rosemary sebagai pengusir nyamuk yang ampuh. Untuk perawatan, tanaman hias ini tak perlu perawatan yang sulit karena bisa tumbuh dengan baik di semua iklim.

Marigold
Tanaman hias satu ini memiliki warna yang mencolok dan sering dicari karena indah dan cantik. Tanaman ini bisa mengusir nyamuk karena bisa memancarkan aroma yang mencegah nyamuk ada di sekitarnya.

Menurut New York Botanical Garden (NYBG), tanaman Marigold tidak hanya dapat mengusir nyamuk tapi juga bisa mencegah kutu daun, thrips, lalat putih, kumbang kacang meksiko dan lainnya.

Geranium
Aroma geranium menjadi tanaman pengusir nyamuk yang populer. Tanaman hias ini bisa mengeluarkan aroma lemon yang dikeluarkannya seperti sereh dan membuat nyamuk tidak suka. Tidak sulit untuk merawatnya karena tanaman ini tumbuh dengan cepat di iklim yang hangat, cerah dan kering tetapi bisa juga di iklim dingin.

Sage
Tanaman hias lainnya yang dapat mengusir nyamuk adalah sage. Cara menggunakannya adalah bisa dikeringkan kemudian digunakan untuk membuat semprotan serangga.

Catnip
Tanaman hias pengusir nyamuk ini mudah ditemukan karena banyak tumbuh di mana saja dan tergolong sebagai tanaman komersial dan gulma. Sebuah penelitian di Iowa State University menyatakan bahwa tanaman ini sepuluh kali lebih efektif daripada DEET, bahan kimia yang digunakan pada sebagian besar obat pengusir serangga.

Lemon Balm
Lemon Balm tak hanya tanaman hias pengusir nyamuk tapi juga tanaman herbal yang memiliki banyak khasiat. Lemon Balm memiliki bunga putih dan aroma lemon yang lembut serta beberapa manfaat untuk menyembuhkan.

Basil atau Kemangi
Mungkin kamu tidak menyadari bahwa kemangi yang memiliki aroma kuat ternyata ampuh untuk mengusir serangga seperti nyamuk, lho. Aroma yang menyengat tersebut bisa membuat hama tidak tahan. Untuk merawatnya, kamu harus menjaga kelembapannya, memperhatikan drainase yang baik, serta menyiapkan tempat dengan banyak sinar matahari.

Allium
Tanaman hias allium termasuk ke dalam jenis umbi-umbian yang tidak disukai nyamuk, seperti halnya bawang putih dan bawang bombai karena mengeluarkan aroma kuat. Bunga allium memiliki bentuk unik dengan bola warna putih dan tampak mengambang di atas batang yang panjang dan ramping.

Ageratum
Ageratum atau Floss flower merupakan tanaman hias yang memiliki bunga cantik keunguan dengan serat putih yang mengelilinginya. Selain cantik, tanaman ini bisa mengusir nyamuk karena mengandung senyawa kumarin, yaitu bahan kimia alami pengusir nyamuk yang beracun. Bagi kalian yang ingin menempatkan tanaman hias di dalam ruangan, pastikan tanaman ini jauh dari hewan peliharaan.

Lemongrass atau Sereh
Tanaman yang kental dengan bumbu masakan ini dikenal karena baunya yang berbeda. Diketahui sereh adalah bahan alami yang paling umum digunakan untuk mengusir nyamuk karena pemeliharaannya mudah.

Nah, itulah beberapa tanaman hias pengusir nyamuk yang cocok untuk kalian tempatkan di ruang belajar atau di kamar. Selamat mencoba!

Sumber/Rewrite: detik.com/Tiyas Aprilia

Lebih baru Lebih lama