Salah seorang guru SMP Negeri 1 Perak saat divaksin di sekolah. (ist)


JOMBANG – Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas yang dilaksanakan mulai 13 September lalu, mensyaratkan semua Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) wajib melakukan vaksinasi. Diungkapkan oleh Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang, Supartini, S.Sos. bahwa PTK yang sudah divaksin mencapai angka 85%.

Supratini mengurai, “Presentase tersebut kami dapat dari pendataan yang berjalan sejak periode bulan Juni sampai September. Dalam presentase tersebut, jumlah angka PTK yang sudah tervaksin bisa kemungkinan bertambah, sebab per 23 Juni jumlah yang terdata sebanyak 1.070 PTK. Faktor bertambahnya jumlah tersebut dipengaruhi oleh perubahan kondisi dan keadaan PTK. Semisal dalam periode vaksinasi mengalami sakit, memiliki komorbid atau sedang dalam masa kehamilan, maka vaksinasi bisa menyesuaikan kondisi PTK.”

Data yang ada juga masih kami tata ulang, sebab dari rentang waktu pendataan awal masih banyak data ganda. Oleh karenanya, sembari merapikan data vaksinasi PTK, kita juga menghimbau kepada PTK yang belum melaksanakan vaksinasi, dengan segera merampungkannya.

Lebih lanjut Supartini menambahkan bahwa mayoritas untuk satuan pendidikan dengan status negeri, seluruh PTK sudah tervaksin. Tinggal PTK di lingkup satuan pendidikan swasta yang belum banyak terdata.

Supartini menjelaskan, “Untuk tindak lanjut dari pendataan ini kami akan melakukan klarifikasi bagi PTK yang belum melakukan vaksinasi. Klarifikasi dalam bentuk lisan dan motivasi agar tidak takut dan termakan hoax yang kami kedepankan. Ini menjadi penting sebab berkaitan erat dengan keberlangsungan serta keselamatan peserta didik selama PTM terbatas.”

Baca Juga: TK Kristen 1 YBPK Mojowarno Evaluasi Mengantarkan PJJ Lebih Berkelas

Sementara itu berdasarkan data vaksinasi PTK pada bulan September, Kepala Seksi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Sekolah Dasar, Bidang Pembinaan Ketenagaan, Disdikbud Kabupaten Jombang, Abdul Majid, S.Psi. menerangkan, presentase per 7 September ialah 77.86 % untuk vaksin I, dan 77.22 % untuk vaksin II.

Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang, Supartini, S.Sos. (Rabithah)

Diterangkan oleh Abdul Majid bahwa pendataan ini masih terus dilangsungkan meski sudah diketahui presentase umumnya di angka 85 % secara rekapitulasi keseluruhannya. Sebab, juga menyesuaikan kondisi di lapangan untuk ketersediaan jumlah vaksin yang ada.

“Data yang ada juga masih kami tata ulang, sebab dari rentang waktu pendataan awal masih banyak data ganda. Oleh karenanya, sembari merapikan data vaksinasi PTK, kita juga menghimbau kepada PTK yang belum melaksanakan vaksinasi, dengan segera merampungkannya,” tandas Abdul Majid.

Reporter/Foto: Donny Darmawan/Istimewa/Rabithah Maha Sukma

Lebih baru Lebih lama