Ilustrasi duduk bersantai di luar ruangan. (ist)


NASIONAL -
Di era teknologi dan kemajuan digital, menjaga kesehatan mental bisa lebih sulit daripada fisik. Rutinitas pekerjaan sehari-hari yang selalu dilakukan berulang-ulang akan menghasilkan stres yang menumpuk.

Meski masih membutuhkan obat-obatan lain, ada beberapa cara sederhana untuk menjaga kesehatan mental kalian, seperti beraktivitas di luar ruangan. Dilansir Dr Health Benefits, banyak kegiatan dapat dilakukan, yang perlu dilakukan adalah menemukan yang terbaik untuk kalian.

Terkadang, yang perlu dilakukan hanyalah melihat lebih jauh dan lebih luas, karena dunia nyata tidak terbatas di dalam rumah saja. Berada di luar ruangan juga dapat memberikan banyak manfaat untuk menjaga kesehatan mental. Bagaimana berada di luar ruangan baik bagi kesehatan mental? Simak detailnya berikut ini.

Mengurangi Stres

Penelitian telah menunjukkan bahwa berada di luar mengaktifkan bagian menenangkan dari sistem saraf. Kalian sering dapat merasakan efek ini dengan napas pertama yang ambil saat berada di luar ruangan.

Mungkin karena kondisi alam yang baik yang mendukung pikiran yang lebih sehat. Jadi, selain kalian hanya berada di luar dan terpapar sinar matahari dari alam, juga bisa menjadi penyegar otak alami.

Kalian dapat merasakan hal-hal seperti bahu rileks, pikiran jernih, dan segalanya tampak lebih ringan. Langkah yang dapat ditindaklanjuti jika terjebak dengan emosi yang sulit, kalian dapat mengambil beberapa menit di luar ruangan.

Cukup berada di luar dan mulai berjalan jalan sendirian. Fokus pada indra atau pada suatu aktivitas, daripada mencoba mengubah suasana hati kalian, dan lihat perubahannya.

Terhubung dengan Orang Lain

Pergi keluar dan berbicara dengan beberapa orang, dapat memberikan manfaat kesehatan dari interaksi sosial yang aktif. Dengan cara ini, kalian dapat membuka pintu untuk interaksi sosial yang positif, seperti dengan tetangga atau teman, sehingga bisa memberi dorongan untuk suasana hati.

Baca Juga: Tips Mengurangi Rasa Cemas

Ada juga kualitas hubungan yang berbeda dengan orang-orang yang tinggal bersama kalian ketika berada di luar ruangan, terutama ketika berjalan berdampingan. Tindakan sederhana seperti ini dapat menciptakan rasa kebersamaan.

Berjalan bersama juga cenderung mengubah kualitas percakapan, dibandingkan dengan duduk bersama di dalam. Berada di luar ruangan selalu menyenangkan, terutama saat pagi dan sore hari di mana angin bertiup kencang.

Memperluas Perspektif

Berada di dalam ruangan dengan waktu yang lama dapat menempatkan kalian dalam kerangka berpikir yang kecil. Ibarat ikan mas yang tumbuh seukuran wadahnya, imajinasi bisa dibatasi oleh ukuran ruangan dan atap rumah.

Karena itu, melangkah keluar ruangan dapat memperluas pandangan. Kalian seakan diingatkan bahwa masalah yang dianggap realita, hanyalah hal kecil dibandingkan luasnya alam semesta, dan mendapatkan kembali cakupan dan perspektif yang benar.

Kalian dapat keluar dan perhatikan apa yang terjadi pada langit pada waktu tertentu. Lihatlah warna, cahaya, awan, atau bintang, kemudian ingatlah bahwa hidup akan berjalan hampir sama seperti dengan atau tanpa kalian.

Jadikan Diri Lebih Sehat

Kalian mungkin tak asing lagi dengan kalimat seperti, pikiran yang sehat datang setelah tubuh yang sehat. Berada di dalam ruangan sepanjang waktu membuat kita tidak bisa mendapatkan jumlah oksigen yang dibutuhkan, terutama jika tinggal di ruangan yang sangat sempit.

Sekedar keluar rumah, untuk olahraga lari atau jogging, bisa sangat membantu untuk mendapatkan angin segar untuk menjernihkan pikiran. Saat keluar pagi, lakukan olahraga ringan untuk menjaga kondisi tubuh. Lakukan saja secara rutin setiap hari Minggu, dan jadikan sebagai rutinitas mingguan.

Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Sebuah penelitian di Finlandia menunjukkan bahwa berlari dan bermain di alam terbuka yang indah dapat meningkatkan prestasi akademik pada anak usia sekolah. Singkatnya, menghabiskan lebih banyak waktu di luar ruangan akan membuat lebih pintar.

Mungkin karena kondisi alam yang baik yang mendukung pikiran yang lebih sehat. Jadi, selain kalian hanya berada di luar dan terpapar sinar matahari dari alam, juga bisa menjadi penyegar otak alami.

Itulah beberapa manfaat berada di luar ruangan untuk menjaga kesehatan mental. Dengan melihat hal-hal alami yang hijau seperti daun atau bunga, bisa menjadi cara alami juga menyegarkan mata kalian.

Sumber/Rewrite: liputan6.com/Tiyas Aprilia

Lebih baru Lebih lama