Juara I Lomba Menyanyi Tunggal FLS2N Jenjang SD Kabupaten Jombang Tahun 2021, Syakiila Safwah Maulydia. (Rabithah)


JOMBANG – Multitalenta adalah satu kata yang mampu menggambarkan peserta didik SDI Roushon Fikr Jombang, Syakiila Safwah Maulydia. Dirinya mampu membuktikan bahwa meskipun memiliki kepribadian pemalu tetapi tidak menjadi penghalang untuk menggapai prestasi. Predikat Juara I Menyanyi Tunggal pada ajang Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Jenjang SD Kabupaten Jombang berhasil diraihnya.

Syakiila Safwah Maulydia mengisahkan bahwa awal mula terjun di dunia tarik suara bukan murni panggilan jiwanya, melainkan buah dari rekomendasi orangtua. Sejak di bangku TK sudah terbiasa dengan keikutsertaan bermacam perlombaan, misalnya pemilihan Guk Yuk Cilik Kabupaten Jombang 2016. Saat kelas III mulai serius mengikuti les vokal dan piano.

“Dari uji bakat pemilihan Guk Yuk itu saya mulai menggandrungi bernyanyi. Sampai pada kesempatan mewakili sekolah untuk berlaga di tingkat Kecamatan Jombang dan berhasil mendapat Juara I. Kemudian berlanjut meraih Juara I pula di tingkat Kabupaten Jombang. Tak patah arang meskipun langkah terhenti pada tingkat Provinsi Jawa Timur,” ungkap peserta didik kelas VI itu.

Meskipun terlihat pemalu saat berlatih, tetapi selalu memberikan kejutan di luar ekspektasi ketika sudah di atas panggung.

Peserta didik yang kerap disapa Kyla itu menambahkan bahwa raihan prestasi yang telah dia capai tidak lepas dari banjirnya dukungan dari pelbagai pihak. Orangtua yang senantiasa menemani berlomba, guru vokal baik dari sekolah maupun dari Pemkab Jombang ibu Tutik Sucipto, pihak sekolah yang meyediakan waktu dan fasilitas berlatih dan teman-temannya semua.

Baca Juga: Beraktivitas di Luar Ruangan, Menjaga Kesehatan Mental

Pelatih Vokal Syakiila Safwah Maulydia, Martha Kristyaningrum, S. Kom. mengatakan, ketika berlatih anak didiknya ini dapat cepat menangkap yang diajarkan, hafalan lirik, nada, partitur, improvisasi hingga koreo. Meskipun terlihat pemalu saat berlatih, tetapi selalu memberikan kejutan di luar ekspektasi ketika sudah di atas panggung. Persiapan ajang FLS2N membutuhkan waktu lebih kurang satu bulan dengan menjaga pola makan seperti puasa gorengan dan es, rutin minum vitamin, madu, dan kencur untuk menjernihkan pita suara.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Layanan Anak Khusus, SDI Roushon Fikr, Jembarwati, S.Pd. mengungkapkan, Syakiila Safwah Maulydia memiliki jadwal latihan terbilang padat yaitu hampir setiap hari dua jam selama satu bulan. Namun demikian, peserta didik berprestasi ini tak pernah mengeluh dan meninggalkan kewajibannya menuntaskan pembelajaran Daring. Berharap kedepannya masih dapat membimbing dan mengantarkan Syakiila Safwah Maulydia untuk berlaga di pelbagai ajang perlombaan.

Reporter/Foto: Rabitha Maha Sukma

Biodata Syakiila Safwah Maulydia

Nama: Syakiila Safwah Maulydia

Tempat, Tanggal Lahir: Jombang, 27 Februari 2010

Cita-cita: Dokter

Hobi: Menggambar dan Membaca buku misteri

Penyanyi idola: Tiara Indonesian Idol.

Lagu Andalan: Dirgahayu Indonesia, Lesung Jumenglung, Irama Desa, dan Doa Anak Negeri.

Prestasi :

Predikat Yuk Cilik Kabupaten Jombang 2016, Keikutsertaan dalam Konferensi Penulis Cilik Indonesia Online 2020.

Juara III Kasidah Kecamatan Jombang 2020.

10 Terbaik Ucomic Creator Art Surabaya 2021.

Juara I Menyanyi Solo Kecamatan Jombang 2021

Juara I Menyanyi Solo Kabupaten Jombang 2021.

Lebih baru Lebih lama