Infografis Rapat Koordinasi dan Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan Periode Tahun 2021. (Dok. KPU Jombang)


JOMBANG - Dua ketua lembaga penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu) di Jombang menjadi narasumber dalam Talk Show Cangkrukan Warung Pojok Kebon Rojo dengan mengangkat tema Kesiapan KPU Jombang Menyongsong Pemilu 2024. Acara yang digelar Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jombang ini turut menghadirkan pengurus partai politik yang ada di Jombang dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, Kamis (26/8).

Acara yang diawali dengan pagelaran Ludruk yang juga mengisahkan tentang informasi Pemilu yang diperankan tiga orang figuran perangkat desa. Mereka debat kusir terkait informasi Pemilu 2024. Salah satu figuran bernama lurah Broto memberikan informasi bohong atau hoaks terkait Pemilu yaitu pemilihan lurah. Akhirnya di tengahi oleh dua narasumber penyelenggara Pemilu di Jombang yaitu Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jombang, Athoillah dan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Jombang Ahmad Udi Masjkur.

“Ada banyak poin penting yang harus disiapkan jajaran penyelenggara Pemilu terutama KPU Kabupaten Jombang untuk menghadapi Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024. Poin penting itu antara lain kesiapan anggaran, SDM penyelenggara, mitigasi risiko, alokasi Dapil, simulasi tahapan serta komunikasi intensif dengan stakeholder,” ujar Athoillah.

Bahkan KPU Kabupaten Jombang sudah kerjasama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait gratifikasi. Selain itu juga dengan Konsulat Jenderal AS terkait kepemiluan, dengan Perwakilan Jawa Timur Ombudsman RI, kerjasama dengan Universitas Brawijaya terkait pemilih disabilitas, dan menggandeng pula Universitas Negeri Surabaya terkait riset gender.

Acara Cangkrukan Warung Pojok Kebon Rojo ini berjalan santai tapi serius dengan suguhan Kopi Excelsa yang khas dari Kecamatan Wonosalam Jombang. Kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab dan diakhiri dengan closing statement dari kedua narasumber penyelengara Pemilu di Jombang terkait Kesiapan KPU Jombang Menyongsong Pemilu 2024.

Infografis: Humas KPU Jombang

Lebih baru Lebih lama