Wakil Kepala Sekolah Seksi Kesiswaan, Kuswandi, S.Pd. (Kiri) bersama Wakil Kepala Sekolah Seksi Kurikulum, Mokhamad Amrullah, S.Pd. (Kanan) saat menunjukkan Aplikasi POS. (Rabithah)


MOJOWARNO - Bergelut dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) menjadikan seluruh civitas akademika berkawan akrab dengan dunia teknologi. Seolah tiada henti untuk terus memperbarui informasi dan kompetensi, seyogianya satuan pendidikan berkewajiban meramu cara agar pembelajaran tak sampai lunglai meski terhalang jarak.

SMP Negeri 1 Mojowarno pun menggembleng seluruh civitas akademik untuk lebih dekat dengan teknologi. Selain itu diikuti dengan pencarian aplikasi yang sesuai dengan PJJ. Mulai dari penyampaian materi, menegakkan kedisiplinan, sekaligus mengabsensi.

Kepala SMP Negeri 1 Mojowarno, Yoni Tri Joko Kurnianto, S.Pd., M.Si. mengaku pihaknya beberapa kali menjajal sejumlah aplikasi. Termasuk yang telah jamak digunakan oleh banyak pihak. Sayangnya belum kesemuanya mampu mewadahi harapan dari PJJ, yang seakan-akan menyerupai pembelajaran sesungguhnya di dalam kelas.

Semua termuat dalam aplikasi POS ini. Dari penyampaian pembelajaran, tugas, ujian, hingga absensinya pun terkolaborasi dengan apik. Sehingga mampu termuara dalam satu simpanan.

“Akhirnya dipilihlah aplikasi Presensi Online Siswa (POS) yang digunakan pertama kali pada 3 Agustus. Meskipun berbayar karena nilai kemanfaatannya lebih besar, maka disepakati menggunakan dana talangan terlebih dulu. Nantinya akan digantikan pada pengusulan Bantuan Operasional Sekolah (BOS),” tutur Yoni Tri Joko Kurnianto yang juga menjabat Ketua Ikatan Guru Indonesia (IGI) Jombang.

Baca Juga: SMP Negeri 4 Jombang Bekali Peserta Didik dengan Batik Eco Print

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, SMP Negeri 1 Mojowarno, Mokhamad Amrullah, S.Pd. pun mengakui dalam aplikasi POS ini memiliki nilai lebih. Diantaranya tampilan yang jauh lebih menarik sehingga dapat memantik semangat belajar peserta didik. Selain itu lebih mudah dioperasikan sehingga guru pada khususnya tak akan mengalami kesulitan.

Kepala SMP Negeri 1 Mojowarno, Yoni Tri Joko Kurnianto, S.Pd., M.Si. (Rabithah)

Mokhamad Amrullah mengatakan, “Semua termuat dalam aplikasi POS ini. Dari penyampaian pembelajaran, tugas, ujian, hingga absensinya pun terkolaborasi dengan apik. Sehingga mampu termuara dalam satu simpanan. Lebih dari itu kepala sekolah maupun wali peserta didik sekali pun dapat mengawasi proses pembelajaran yang tengah berjalan secara langsung.”

Kepala Sekolah beserta peserta didik berprestasi. (Ist)

Wakil Kepala Sekolah, Bidang Kesiswaan, SMP Negeri 1 Mojowarno, Kuswandi, S.Pd. juga mengakui peluang besar terhampar setelah pemilihan aplikasi POS. Sehingga dapat menyempurnakan kekurangan PJJ sebelumnya. Ditambah antusias peserta didik mengikuti pembelajaran pun bertambah hingga 20%.

Reporter/Foto: Rabithah Maha Sukma/Istimewa

Lebih baru Lebih lama