Tim Karate Putri saat melakukan unjuk kebolehan. (Ist)


JOMBANG – Seakan mendapat angin segar, peluang atlet Kabupaten Jombang kembali menorehkan prestasi semakin terbuka lebar. Seiring dengan berjalannya seleksi Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) yang nantinya menuju Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur VII Tahun 2022.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Jombang, Heru Ariwanto membenarkan jika sekarang ini sedang disibukan seleksi Porkab yang melibatkan sekitar 33 Cabang Olahraga (Cabor). Selanjutnya bagi atlet yang lolos seleksi maka dapat mengikuti pembinaan di Pusat Latihan Kabupaten (Puslatkab).

Jika sebelumnya dalam Porprov Jawa Timur VI 2019 Jombang menduduki peringkat ke 21 dari 38 kabupaten/kota. Besar kemungkinan akan semakin merangkak naik hingga ke posisi 15 besar.

“Keberhasilan kinerja KONI Kabupaten Jombang tak lain adalah keberhasilan para atletnya dalam meraih prestasi. Untuk itu kami telah merencanakan dalam Puslatkab membina setidaknya 50 atlet dari pelbagai macam Cabor. Besar harapan nantinya seluruh atlet mampu menorehkan kebanggan dengan memboyong medali bagi Kota Santri,” ungkap Heru Ariwanto.

Baca Juga: Tantangan dan Seni Mendidik Generasi Z

Lebih lanjut Kepala Sekretariat KONI Kabupaten Jombang, Edy Danu Puspito pun menerangkan bila saat ini disibukan pula dengan pendampingan para atlet Telatah Kebo Kicak yang turut serta dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2021 Papua pada 2 – 15 Oktober mewakili Jawa Timur. Keadaan ini sangat berpeluang mendongkrak posisi Jombang dalam jajaran kabupaten/kota yang berprestasi dalam bidang olahraga di Jawa Timur.

Ketua KONI Kabupaten Jombang, Heru Ariwanto saat ditemui di ruangannya. (Rabithah)

Edy Danu Puspito menjelaskan, “Jika sebelumnya dalam Porprov Jawa Timur VI 2019 Jombang menduduki peringkat ke 21 dari 38 kabupaten/kota. Besar kemungkinan akan semakin merangkak naik hingga ke posisi 15 besar. Lantaran pemetaan yang telah dilakukan pada Cabor atletik, karate, senam, menembak, wushu, dan petanque kesempatan meraih prestasi terbuka lebar.”

Reporter/Foto: Rabithah Maha Sukma/Istimewa

Daftar Peserta PON XX/2021 Papua dari Kabupaten Jombang

NO

NAMA

CABOR

STATUS

1

Ahmad Faishol

Gantole

Mekanik

2

Jazillah Nur Annisa

Karate

Atlet

3

Nurina Dyatika

Karate

Atlet

4

Thalya Rosa Setiawan

Karate

Atlet

5

Eko Febrianto

Pencak Silat

Atlet

6

Muhammad Jono

Tinju

Pelatih

7

Adhe Rengga Drestian

Karate

Wasit

8

Deni Setiawan

Petanque

Wasit

9

Tuntun Ariwibowo

Aeromodelling

Wasit

10

Winarto

Senam

Wasit

11

M Rifqi Fitriadi

Tenis Lapangan

Atlet

12

Dhanu Iswara

Panjat Tebing

Pelatih

13

Imanda Wahyu Meilita

-

Rehabilitasi Atlet

Lebih baru Lebih lama