Salah seorang peserta didik SDN Made Kudu, saat mengikuti lomba Tembang di Kecamatan Kudu. (ist).


JOMBANG – Bidang Pembinaan Sekolah Dasar, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang, menyelenggarakan perhelatan kompetisi baru dengan tajuk Lomba Bahasa dan Seni Siswa. Terdapat beberapa kompetisi diantaranya, lomba pidato Bahasa Indonesia, baca puisi, nembang Jawa, dan menyanyi Lagu Nasional.

Diterangkan oleh Kepala Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter Bidang Pembinaan Sekolah Dasar, Disdikbud Kabupaten Jombang, Diah Tri Heknawati S.E., M.E. bahwa dipilihnya empat perlombaan tersebut bertujuan untuk meresapkan rasa nasionalisme pada peserta didik jenjang SD dan melebarkan ruang kreativitas peserta didik yang selama ini hanya terwadahi lewat Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) dan Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN).

Baca Juga: PTM Dimulai, Kado 16 Tahun Himpaudi

Adapun untuk pelaksanaannya masing-masing satuan pendidikan mengirimkan satu perwakilan putra dan putri di tiap lomba, kemudian seleksi di tingkat kecamatan. Pendaftaran dibuka mulai Senin (20 s.d 24/9), selanjutnya babak penyisihan diagendakan pada Senin (27 s.d 30/9) diambil enam peserta didik dari masing-masing lomba. Barulah untuk babak final dilaksanakan pada tanggal (4 s.d 7/10).

Peserta didik yang ikut dalam perhelatan ini, khusus kelas I - IV, sebab untuk kelas V dan VI sudah fokus ujian sekolah. Selain itu, pihaknya juga menggandeng beberapa tokoh yang juga berkecimpung di dunia seni, mulai dari Bidang Kebudayaan, Disdikbud Kabupaten Jombang, Akademisi dan Pegiat Seni Budaya di Kabupaten Jombang.

Reporter/Foto: Donny Darmawan/Istimewa

Lebih baru Lebih lama