Bupati Jombang Hj. Mudjidah Wahab beserta Kepala Dinas Dispendukcapil Kabupaten Jombang, Drs. Masduqi Zakaria, M.Si. (Rabithah)


JOMBANG – Di masa percepatan pertumbuhan teknologi dan informasi, inovasi adalah bekal penting dalam mematangkan diri dalam melebur di persaingan tersebut. Apabila hanya diam di tempat tak melakukan perubahan sama sekali, maka akan tertinggal dan dipastikan membuat kesulitan baru di waktu mendatang.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Jombang pun mendapati perubahan itu harus disikapi dengan segera. Termasuk memberikan layanan yang memudahkan bagi masyarakat dalam mengurusi segala macam berkas kependudukan maupun pencatatan sipil sesuai dengan kebutuhannya. Untuk itu pada (14/9) meresmikan laman Ning Yaonah yang nantinya dapat digunakan dalam mengurus akta kelahiran, kematian, perpindahan, Kartu Identitas Anak (KIA), hingga e-KTP.

KIA ini sangatlah penting untuk anak-anak. Nantinya mereka akan mendapatkan serangkaian pelayanan publik di Kabupaten Jombang di bidang kesehatan, pendidikan, imigrasi, perbankan, hingga transportasi.

Diungkapkan Kepala Dispendukcapil Kabupaten Jombang, Drs. Masduqi Zakaria, M.Si. memang sengaja menghadirkan Ning Yaonah untuk membantu masyarakat dalam kepengurusan administrasi kependudukan dan pencatatan sipilnya di zaman digital seperti sekarang. Jadi, tak perlu harus datang ke Kantor Dispendukcapil Kabupaten Jombang. Tetapi cukup dalam genggaman saja sudah mampu menyelesaikannya sendiri.

Baca Juga: Gembleng Kepala Sekolah Penggerak

“Harus diingat sebelum menggunakan laman Ning Yaonah, sebelumnya masyarakat harus terdaftar dahulu atau memiliki akun dengan cara mengisi formulir data dari kepala keluarga. Kemudian mendapat password, lalu klik pengajuan online, isi formulir dan pilih jenis pengajuan, kemudian klik simpan. Simpan nomor registrasi atau download file registrasi kemudian lacak pengajuan dan diakhiri dengan cek hasil registrasi di email, untuk selanjutkan diajukan cetak di kantor Dispendukcapil Kabupaten Jombang,” beber Masduqi Zakaria.

Bupati Jombang Hj. Mudjidah Wahab saat memberikan arahan terkait pentingnya KIA. (Rabithah)

Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab yang turut hadir mengatakan apabila sengaja mengundang para pendidik dari PAUD dengan harapan dapat mensosialisasikan kepada wali anak didik nantinya di satuan pendidikannya masing-masing. Terlebih untuk kesadaran wali anak didik mengurus KIA buah hatinya.

Hj. Mundjidah Wahab mengatakan, “KIA ini sangatlah penting untuk anak-anak. Nantinya mereka akan mendapatkan serangkaian pelayanan publik di Kabupaten Jombang di bidang kesehatan, pendidikan, imigrasi, perbankan, hingga transportasi.”

Tampilan website Ning Yaonah. (Rabithah)

Untuk itu Hj. Mundjidah Wahab berpesan agar pendidik PAUD tak henti membantu menyemarakkan program Pemerintah Kabupaten Jombang. Harapannya akan semakin membantu putra/putri Kota Santri dalam mendapatkan sebuah pelayanan yang terbaik kedepannya.

Reporter/Foto: Rabithah Maha Sukma

Lebih baru Lebih lama