Plt. Kepala SDN Mejoyolosari Gudo, Wijiati.S.Pd. ketika menunjukkan tambahan pintu teralis besi yang digunakan sebagai pintu lapis kedua untuk pengamanan aset sekolahnya. (Donny)


GUDO – Maraknya aksi pencurian yang menyasar sejumlah satuan pendidikan di Kota Santri selama musim pandemi Covid-19, membuat SDN Mejoyolosari Gudo berinisiatif meningkatkan keamanannya. Tiada lain tujuannya adalah mengamankan aset-aset satuan pendidikan yang sangat diperlukan dalam penyelenggaraan pendidikan. Kalau sampai di curi maka akan menghambat jalannya pembelajaran hingga operasional di satuan pendidikan.

Disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) SDN Mejoyolosari Gudo, Wijiati, S.Pd. terdapat pemasangan pagar teralis besi pada pintu dan jendela. Utamanya dipasang di kantor karena sebagai ruang penyimpanan aset berharga sekolah dari komputer, printer, LCD, hingga pengeras suara.

Aset satuan pendidikan itu sangatlah penting. Karena sebagai penunjang dalam melangsungkan pembelajaran ataupun tata kelola satuan pendidikan. Oleh karena itu, peningkatan keamanan ini dirasakan penting.

“Berkaca dari kasus pencurian yang terjadi di SDN Tanggungan dan SDN Krembangan Gudo, maka muncul inisiatif dari para guru di sini untuk menambahkan pengamanan dalam bentuk pagar teralis besi. Melengkapi keberadaan Closed Circuit Television (CCTV) yang lebih awal dipasang di sejumlah tempat di SDN Mejoyolosari Gudo,” terang Wijiati.

Baca Juga: Pembangunan Graha Mualaf Membuat Wonosalam Kian Sejuk

Peristiwa pencurian sedikit banyak memberikan citra negatif oleh masyarakat mengenai keamanan satuan pendidikan serta keberlangsungan pembelajaran selanjutnya. Oleh karenanya menurut Guru Kelas V sekaligus Operator, SDN Mejoyolosari Gudo, Siti Nur Indah, S.Pd. SD. pengalaman kehilangan sebelumnya pada tahun pelajaran 2016/2017 memberikan pelajaran yang berarti. Sehingga ketika mulai ramai pencurian dibeberapa satuan pendidikan harus lebih waspada dan meningkatkan keamanan lagi.

Guru Kelas V sekaligus Operator SDN Mejoyolosari Gudo, Siti Nur Indah, S.Pd.SD. (Donny)

Siti Nur Indah mengatakan, “Aset satuan pendidikan itu sangatlah penting. Karena sebagai penunjang dalam melangsungkan pembelajaran ataupun tata kelola satuan pendidikan. Oleh karena itu, peningkatan keamanan ini dirasakan penting. Apalagi pada masa sulit seperti sekarang, segala kemungkinan boleh saja terjadi.”

Reporter/Foto: Donny Darmawan

Lebih baru Lebih lama