Ketua Yayasan Pembina Mualaf (YPM) At-Tauhid, Ust. Aang Ardianto saat meletakkan batu pertama pembangunan masjid At-Tauhid. (Rabithah)


WONOSALAM – Pemandangan nan asri seraya udara segar di kawasan kaki Gunung Anjasmoro, Wonosalam rasanya semakin sejuk tatkala dilengkapi dengan pembangunan Masjid At-Tauhid dan Graha Mualaf di komplek Saieda Estate naungan Yayasan Pembina Mualaf (YPM) At-Tauhid.

Ketua YPM At-Tauhid, Ustadz Aang Ardianto menuturkan ketika momentum peletakkan batu pertama pada Minggu (29/8), meskipun berpusat di Surabaya. Namun menjadikan Wonosalam sebagai pusat pendidikan karena dirasakan iklim yang selaras dalam memperdalam keilmuan agama Islam.

Harapannya dengan dibangunnya Graha Mualaf ini, selain menjadi pusat pendidikan juga akan meningkatkan potensi wisata kawasan sekitar.

“Pembanguan masjid At-Tauhid menjadi langkah awal berdirinya kawasan Graha Mualaf dengan mengusung miniatur kampung muslim terpadu. Tak hanya masjid melainkan nantinya ada pula graha pertemuan, pondok pesantren, pusat pendidikan mualaf, serta Balai Latihan Kerja (BLK). Di bangun di atas tanah seluas 10 hektar diharapkan mampu menjadi sebuah sinergi yang baik dari penguatan pendidikan keagamaan sekaligus pendalaman keahlian bekerja,” terang Ustadz Aang Ardianto.

Baca Juga: Bahasa Indonesia Paling Terbuka

Disinggung mengenai anggaran, Ustadz Aang Ardianto menjelaskan bahwa semuanya berasal dari jariyah jamaah maupun masyarakat umum. Misalkan saja dengan konsep lelang amal, sehingga dapat membeli per meter perseginya sebesar Rp 250.000 kemudian diwakafkan untuk pembangunannya.

CEO De Durian Park Wonosalam, Yusron Aminullah yang juga tergabung dalam menejemen pembangunan Masjid At-Tauhid menerangkan bahwa akan mengusung model minimalis, memiliki luas 12 x 14 meter persegi. Untuk sementara masih satu lantai, tetapi tidak menutup kemungkinan apabila membutuhkan ruang lebih akan ditingkatkan untuk menyesuaikan jumlah jemaah. Pembangunan masjid ini apabila tidak mengalami kendala berarti, diperkirakan rampung pada pertengahan 2022.

Kegiatan doa bersama untuk kelancaran pembangunan masjid At-Tauhid. (Rabithah)

Yusron Aminullah mengatakan, “Harapannya dengan dibangunnya Graha Mualaf ini, selain menjadi pusat pendidikan juga akan meningkatkan potensi wisata kawasan sekitar. Terbukti akan didirikan pula lapangan golf, kafe yang memiliki pemandangan indah, taman yang memiliki obyek foto menarik, area olahraga umum, area berkuda, hingga sekolah Islam bergengsi akan dibangun tepat di samping Graha Mualaf.”

Reporter/Foto: Rabithah Maha Sukma

Lebih baru Lebih lama