Pelaksanaan upacara bendera sebelum pandemi Covid-19. (ist)


JOMBANG – Semenjak dinobatkan sebagai SMK Revitalisasi pada 2018, SMK PGRI 1 Jombang terus berbenah dilengkapi dengan pematangan dari seluruh civitas yang ada. Nantinya diharapkan mampu mempersiapkan diri dalam menghadapi tantangan zaman yang kian global dan deras persaingannya.

Oleh karena itu, bersama Konsultan Pengembangan SMK PGRI 1 Jombang, Drs. H. Sugito, M.M.Pd. mencoba menemukan serangkaian inovasi dalam rangka pembenahan serta pematangan yang menjangkau seluruh aspek. Salah satunya ialah melalui Best Practice. Kedepannya program tersebut akan mengarahkan peserta didik guna mengembangkan potensinya. Dengan demikian memiliki keberanian dalam menghadapi tantangan, memecahkan hingga mengatasi masalahnya.

Sugito menjelaskan, “Pada prinsipnya adalah mengolah kecakapan hidup atau life skill. Kemudian dibarengi dengan penyesuaian di dalam menjawab kebutuhan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI).”

Ibarat kata ketika meminta peserta didik berevolusi menjadi lebih baik, maka selaiknya sebelumnya PTK pun telah satu atau dua langkah di depan mereka. Dengan begitu maka akan terbentuk citra serta teladan yang elok.

Sugito yang sebelumnya juga pernah menjabat sebagai Kepala SMK PGRI 1 Jombang menambahkan, tak hanya peserta didik saja. Melainkan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) wajib menunjukkan kualitas dan keprofesionalannya. Sehingga dapat menjadi pendamping yang baik bagi peserta didik untuk pengembangan kepribadiannya. Jadi, tak hanya mampu memiliki kompetensi yang baik, tetapi juga mematangkan karakter setiap peserta didik.

Baca Juga: Tips Mencuci Kaus Agar Tahan Lama

Sementara itu Kepala SMK PGRI 1 Jombang, Hj. Sudarti, S.Pd. pun mengamini hal itu. Sudah sewajarnya bila PTK harus mampu menyesuaikan diri terhadap perubahan era saat ini. Sejalan dengan itu harus mengintegrasikan pengetahuan, keterampilan, sikap, dan penguasaan teknologi yang terus saja mengalami kemajuan.

Kepala SMK PGRI 1 Jombang, Hj. Sudarti, S.Pd. (Chicilia)

“Ibarat kata ketika meminta peserta didik berevolusi menjadi lebih baik, maka selaiknya sebelumnya PTK pun telah satu atau dua langkah di depan mereka. Dengan begitu maka akan terbentuk citra serta teladan yang elok,” ungkap Sudarti.

Konsultan Pengembang SMK PGRI 1 Jombang, Drs. H. Sugito, M.M.Pd. (Chicilia)

Terakhir perempuan berhijab ini mengatakan, kepercayaan DUDI terhadap SMK PGRI 1 Jombang tak terjadi begitu saja. Sebelum mengirimkan peserta didiknya ke DUDI yang telah menjalin MoU dengan SMK PGRI 1 Jombang ada seleksi yang ketat. Demikian pun dengan persiapan yang dilakukan, berlangsung penuh kemaksimalan agar tak sampai mengecewakan kedua belah pihak.

Reporter/Foto: Chicilia Risca Y./Istimewa

Lebih baru Lebih lama