Adi Isma Aldayu, S.Pd.I menunjukkan penghargaan yang diperolehnya. 

WONOSALAM – Kegigihan yang dilakoni oleh Guru Pendidikan Agama Islam (PAI), SDN Sumberjo II Wonosalam, Adi Isma Aldayu, S.Pd.I. dalam lomba Video Pembelajaran PAI jenjang SD di tingkat Jawa Timur tahun 2021 menorehkan hasil manis karena menyabet predikat Juara I.

Perlombaan yang digelar oleh Kelompok Kerja Guru (KKG) PAI Provinsi Jawa Timur tersebut di gelar pada Jumat (20/8) secara Dalam Jaringan (Daring) menyita waktu perempuan berparas ayu ini sepekan lamanya untuk mempersiapkan diri. Menurut Adi Isma Aldayu tak ada kesulitan yang berarti dalam menyusun bahan video pembelajaran, lantaran cukup menggunakan gawai yang sudah biasa digunakan.

“Sebelumnya saat pembelajaran di masa pandemi yang berlangsung secara Daring, membuat saya terbiasa meramu sebuah media pembelajaran yang inovatif dan dapat mengena kepada peserta didik. Salah satunya adalah melalui video yang nantinya merujuk pada inti pembelajaran. Sehingga tatkala mengikuti perlombaan ini, saya tinggal menyesuaikannya saja,” jelas Adi Isma Aldayu.

Memang tidak ada kesulitan yang berarti, namun dirinya mengakui hanya mempersiapkan sebaik mungkin agar menghasilkan video pembelajaran yang nyaman untuk peserta didik. Setelah menemukan inti pembelajaran yakni Kisah Keteladanan Nabi Isa, barulah dia mengotak-atik segenap model, karakter, hingga tampilannya dapat memikat peserta didik.

Guru Kelas VI, SDN Sumberjo II Wonosalam ini mengakui, “Di tengah pembelajaran Daring, tentunya peserta didik sudah lazim memegang gadget utamanya mengenai tontonan. Oleh karena itu, pekerjaan rumah terbesar saya adalah mempertahankan keajekan peserta didik dalam menyaksikan video pembelajaran tersebut. Memperbanyak menonton video pembelajaran lainnya pun akan sangat membantu dalam memberikan referensi yang memadai.”

Beruntungnya banyak aplikasi yang sudah disediakan dalam telepon pintar, sehingga dapat digunakan dengan disesuaikan selera peserta didik dalam satu kelas tersebut. Hasilnya, karakter yang sudah dipilih tadi mampu bercerita tentang inti pembelajaran tadi. Apalagi karakternya menggunakan yang kerap disaksikan peserta didik, menjadikan mereka semakin fokus dan memperhatikan hingga paripurna.

Durasi video pembelajaran yang hanya sampai 10 menit, selanjutnya dilanjutkan dengan penegasan intisari dari amanah pembelajaran yang dapat dipetik. Berikutnya dapat dipungkasi dengan latihan soal yang masih bermuara pada inti pembelajaran dalam video tersebut. Hal ini sebagai bukti bahwa peserta didik benar-benar menyaksikan dan memperhatikan dengan baik

Bagi Adi Isma Aldayu langkah ini sangat membantu dalam pembelajaran yang berlangsung secara jarak jauh. Senyampang itu mampu menghapus kebosanan belajar di rumah yang dilakukan sendiri tanpa ada interaksi langsung dengan teman sebaya peserta didik maupun gurunya.

Reporter/Foto: Chicilia Risca

Lebih baru Lebih lama