Ilustrasi Anak sedang Bermain. (Ist)


NASIONAL - Kecerdasan anak harus diasah sejak awal. Mengasah kecerdasan anak dapat dilakukan dengan menyediakan mainan anak yang edukatif. Dengan mainan edukatif, anak-anak dapat mempelajari berbagai hal sehingga otak anak dapat terus berkembang.

Dengan bermain permainan yang edukatif, orang tua dapat mengajarkan anak dengan cara yang menyenangkan. Permainan edukatif juga dapat meningkatkan kecerdasan, imajinasi, dan keterampilannya. Ada beberapa rekomendasi mainan edukatif yang dapat dicoba oleh orang tua. Berikut adalah rekomendasinya yang dikutip dari laman Sekolah Stella Maris:

Mainan Balok
Mainan balok edukasi ini terbuat dari kayu dengan berbagai macam bentuk seperti kubus, persegi panjang, balok, segitiga, lingkaran dan lainnya. Dengan memainkan ini anak dapat menyusun ragam bentuk bangun seperti rumah-rumahan, gedung tinggi, dan lainnya. Mainan balok bagus untuk melatih saraf motorik halus pada anak.

Flash Card
Flash card adalah kumpulan kartu yang terdiri dari berbagai warna, gambar, dan konten-konten mendidik. Orang tua dapat memberi flash card tentang jenis buah, binatang, maupun anggota tubuh. Juga ada flash card tentang angka, huruf, dan kosa kata asing. Dengan bermain kartu ini dapat menstimulasi dan mengenalkan anak pada kejadian-kejadian yang ada di sekitarnya.

Kertas Lipat atau Origami
Dengan origami orang tua dapat mengajarkan membuat berbagai macam bentuk seperti bunga, binatang, dan sebagainya. Dengan bermain origami dapat merangsang kreatifitas dan keterampilan serta mengendalikan emosi anak.

Kelereng
Mainan edukatif selanjutnya adalah kelereng. Dengan bermain kelereng dapat melatih kemampuan motorik sekaligus mengasah kemampuan berpikir dan berhitung, Mainan anak ini juga dapat melatih emosi dan interaksi sosial anak sehingga dapat mengendalikan diri saat berada di lingkungan.

Puzzle
Puzzle memiliki banyak manfaat untuk kecerdasan anak. Puzzle dapat menstimulasi otak anak, melatih konsentrasi, dan berpikir serta merangsang saraf motorik halus pada anak.

Jenga
Jenga adalah mainan anak berupa blok-blok kayu berbentuk persegi panjang yang disusun seperti menara. Jenga dapat dimainkan dengan cara memindahkan blok tanpa membuat menara kayu roboh. Dengan bermain jenga akan menguji mental anak dan melatih berpikir strategis.

Mainan Lego
Lego adalah permainan anak edukatif yang berupa kepingan bentuk yang terpisah-pisah dan dapat dibuat menjadi bentuk apa saja dengan cara disusun. Lego mampu meningkatkan imajinasi anak.

Permainan Alphabet
Permainan alphabet adalah permainan huruf yang terdiri dari 25 huruf alphabet dengan warna warni beragam yang cocok untuk mengenalkan anak pada abjad. Dengan permainan ini anak juga dapat dilatih mengeja huruf dan menyusun kata dengan baik.

Permainan Angka
Sama seperti permainan alpabet, permainan ini bertujuan untuk mengenalkan anak dengan angka. Permainan ini dapat mengasah kecerdasan berpikir dalam menghitung.

Lebih baru Lebih lama