Pegawai Dinas Perkim melakukan kontrol lapangan. (Rabithah)


JOMBANG – Sebagian besar masyarakat di Kota Santri pasti menantikan hasil akhir polesan yang dilakukan di sepanjang Jalan KH. Wahid Hasyim. Maklum saja jalan ini dapat dibilang sebagai jantungnya kota yang banyak melahirkan tokoh nasional ini. Sehingga sangat dinantikan karena sudah cukup lama berjalan terhitung hampir setengah tahun belakangan perbaikannya.

Dikatakan Kepala Bidang Perumahan, Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Kabupaten Jombang, Setiawan Afandi, S.T., M.T. memang pengerjaannya terhitung mulai (19/4). Apabila merujuk pada kontrak, maka akan rampung pada (14/11). Pastinya banyak sekali yang menantikan seperti apa wujud Jalan KH. Wahid Hasyim sebagai porosnya Jombang usai dilakukan rehabilitasi. Setelah sekian lama akhirnya ada perubahan signifikan yang tentunya menjadi daya tarik tersendiri nantinya.

Semua material sudah tersedia lengkap dan sesuai dengan kualitas uji laboratorium yang kita canangkan. Namun tidak menutup kemungkinan apabila proyek ini akan membutuhkan waktu lebih untuk benar-benar dapat dinikmati masyarakat.

“Oleh karenanya, masyarakat dapat bersabar terlebih dahulu. Memang ini terbilang sebuah pekerjaan yang besar, dan harap maklum apabila membuat masyarakat terganggu ketika melintas, baik karena kemacetan ataupun debu material,” ungkap lelaki yang dalam program rehabilitasi Jalan Wahid Hasyim ini bertindak sebagai Pejabat Pembuat Komitmen.

Baca Juga: Beradu Kebolehan Berbahasa Jawa

Sementara itu Kepala Bidang Prasarana Sarana dan Utilitas Umum, Dinas Perkim Kabupaten Jombang, Sri Rahayu, S.T. menambahkan bahwa pihaknya optimis pembangunan ini akan rampung sesuai jadwal. Saat ini (27/9) apabila diprosentasekan sudah mencapai 70%. Terdapat empat segmen dan sedang berjalan pada segmen tiga. Semua material sudah tersedia lengkap dan sesuai dengan kualitas uji laboratorium yang kita canangkan. Namun tidak menutup kemungkinan apabila proyek ini akan membutuhkan waktu lebih untuk benar-benar dapat dinikmati masyarakat.

Kondisi jalan KH. Wahid Hasyim pada (27/9). (Rabithah)

“Saat ini sedang berlangsung tahap pemasangan lantai granit dan tiang lampu. Tahap akhir adalah memasang kursi, pot bunga, dan beberapa atribut spot foto menarik. Estimasi keterlambatan juga sudah kami pikirkan dan masih dalam tahap wajar, maksimal bulan Desember 2021. Demi mengejar ketepatan waktu saat ini telah masuk fase percepatan. Untuk itu kami sengaja menambah kuantitas tenaga kerja yang sebelumnya berjumlah 40 orang akan ditambah menjadi 50,” kata perempuan yang dalam struktur proyek sebagai Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan.

Master Plan pembangunan jalan KH. Wahid Hasyim. (Ist)

Setiawan Afandi juga tak menampik bahwa penyelesaian proyek ini sedikit terhambat. Lantaran terdapat beberapa masyarakat yang memiliki bangunan disepanjang jalan KH. Wahid Hasyim dinilai kurang kooperatif dalam mendukung proses pembangunan. Tetapi hal tersebut bukan menjadi batu sandungan berarti, karena semua telah terselesaikan dengan baik.

Reporter/Foto: Rabithah Maha Sukma

Lebih baru Lebih lama